dc.contributor.author | PUSPITASARI, Elagian | |
dc.date.accessioned | 2022-06-27T15:47:37Z | |
dc.date.available | 2022-06-27T15:47:37Z | |
dc.date.issued | 2021-07-07 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107650 | |
dc.description.abstract | Pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 menjadi adaptasi baru da lam interaksi belajar antara orang tua, siswa, dan guru. Perubahan cara belajar
seperti ini menuntut guru sebagai elemen penting dalam proses pembelajaran
mampu melaksanakan kegiatan tersebut secara lebih variatif yang disesuaikan
dengan kemampuan peserta didik (Sadikin et al., 2020). Salah satunya adalah
penggunaan media pembelajaran Munadi, 2013:1 (dalam Pingge, 2020:9). Seperti
halnya saat ini penggunaan media pembelajaran yang dibutuhkan adalah berbasis
teknologi dengan tujuan mendukung proses pembelajaran daring selama Pandemi
Covid-19.
Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru kelas V SDN Kotakulon 1
Bondowoso dapat diketahui bahwa selama proses pembelajaran daring siswa
memiliki fasilitas teknologi seperti penggunaan smartphone android. Namun,
fasilitas tersebut kurang dimanfaatkan guru untuk menciptakan variasi media
pembelajaran. Guru lebih banyak memberikan penugasan yang ada di buku siswa.
Selain itu didapatkan hasil bahwa dalam penerapan pendidikan kearifan lokal
khususnya di SDN Kotakulon 1 Bondowoso belum diterapkan dalam kegiatan
belajar mengajar. Oleh sebab itu, materi kearifan lokal pada penelitian ini dikem bangkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada Tema Lingkungan Sahabat
Kita kelas V pokok bahasan tesk non fiksi yang diintegrasikan terhadap berbagai
kearifan lokal Bondowoso dengan menggunakan media yang dapat mendukung
proses pembelajaran daring serta penyampaian materi kearifan lokal. Salah
satunya yaitu dengan menggunakan e-comic berbasis kearifan lokal yang dapat
memvisualisasikan berbagai kearifan lokal yang dimiliki kabupaten Bondowoso.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui hasil pengembangan media pem belajaran E-Comic berbasis kearifan lokal Bondowoso dalam bentuk Power Point
pada Tema Lingkungan Sahabat Kita subtema 1 kelas V sekolah dasar, 2) mengetahui keefektifan pengembangan media pembelajaran E-Comic berbasis kearifan
lokal Bondowoso dalam bentuk Power Point pada Tema Lingkungan Sahabat
Kita subtema 1 kelas V sekolah dasar. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dra. Suhartiningsih, M.Pd. (Dosen Pembimbing)
Drs. Hari Satrijono, M.Pd. (Dosen Pembimbing) | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | E-COMIC BERBASIS KEARIFAN LOKAL BONDOWOSO | en_US |
dc.title | Pengembangan Media Pembelajaran E-comic Berbasis Kearifan Lokal Bondowoso dalam Bentuk Power Point pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Subtema 1 Kelas V Sekolah Dasar | en_US |
dc.type | Other | en_US |