dc.contributor.author | PRASETYO, Danang Aji | |
dc.date.accessioned | 2022-06-27T15:34:14Z | |
dc.date.available | 2022-06-27T15:34:14Z | |
dc.date.issued | 2021-07-26 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107608 | |
dc.description.abstract | Pola Komodifikasi Warung Kopi Pangku pada Pelayan Warung Kopi Pangku
di Kecamatan Wuluhan; Danang Aji Prasetyo, 150910302023; 2021: 81 Halaman;
Progam Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember
Banyaknya penggunaan perempuan pada berbagai sector yang meciptakan 1
tujuan sama yaitu penarik keuntungan dengan laba yang maksimal, perempuan yang
memilik daya tarik agar bisa dimanfaatkan baik oleh diri sendri maupun orang lain
terutama pemilik modal. Perempuan yang sudah mempunyai stigma yang sangat
melekat sebagai penarik keuntungan yang maksimal. Komodifikasi perempuan yang
saat ini bisa dapat kita temui dengan mudah di berbagai sector dan media, media
cetak amupun elektronik. Iklan iklan produk yang hamper sebagian besar
menggunakan perempuajn sebagai modelnya.
Dan saat ini penggunaan perempuan juga merahmbah sector yang lebih
merakyat yaitu warung kopi, dimana warung kopi yang dimaksud adalah warung kopi
remang remang atau masyarakat yang biasanya menyebut dengan warung kopi
Pangku , perempuan di warung kopi Pangku ini selain menjadi pelayan tetpi juga
menjadi “teman” yang bisa memberikan pelayanan “lebih” . yaitu menemani ngobrol,
minum atau bahkan bisa dipegang pegang.
Komodifikasi perempuan di warung kopi Pangku dapat berupa menjadikan
perempuan sebagai pelayan dengan tata cara dan penampilan yang diatur sedemikian
rupa oleh pemilik modal yaitu si pemilik warung kopi Pangku itu sendiri.
Komodifikasi adalah merubah sesuatu agar lebih mempunyai nilai jual yang bisa
mendatangkan keuntungan. Dengan sesuatu yang dimiliki perempuan seperti sifatnya
yang terkesan lembut dan mempunyai paras yang cantik dan tidak lepas dari hal hal
yang berbau seksualitas, maka hal tersebut yang di manfaatkan untuk menaikan harga
komoditi yang dijual oleh pemilik modal. Dengan demikian pemilik modal berusaha
memproduksi pelayan perempuan sebagai objek untuk membuat warung kopi Pangku
nya tersebut menjadi lebih ramai dikunjungin dan mendapatkan keuntungtan
maksimal. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dra. Elly Suhartini, M.Si (Dosen Pembimbing) | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik | en_US |
dc.subject | Warung Kopi Pangku | en_US |
dc.title | Pola Komodifikasi Warung Kopi Pangku Pada Pelayan DI Warung Kopi Pangku Kecamatan Wuluhan | en_US |
dc.type | Other | en_US |