PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN ANALISIS SWOT PADA CV. BIMO KRISNO TOUR & TRAVEL JEMBER
Abstract
Strategi pemasaran merupakan bagian yang penting dalam pelaksanaan
strategi perusahaan secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity) dan ancaman
(threat) pada Bimo Krisno Tour & Travel Jember.
Penelitian ini menggunakan metode survey dan studi pustaka. Penelitian
survey bertujuan untuk mengetahui obyek penelitian dengan melihat dan
mendengar segala sesuatu tentang obyek secara langsung serta mendapatkan
informasi dan data yang berhubungan dengan permasalahan dan tujuan yang telah
ditetapkan. Informasi ini digunakan untuk mengetahui variabel kekuatan,
kelemahan, peluang dan ancaman perusahaan yang digunakan untuk menyusun
alternatif strategi pemasaran yang tepat bagi perusahaan. Dalam pelaksanaannya
peneliti memperoleh data dari penyebaran kuesioner kepada 50 responden yang
terdiri dari 12 responden untuk internal dan 38 responden untuk eksternal
perusahaan. Hasil pengolahan data faktor strategis perusahaan dipakai sebagai
acuan untuk menentukan strategi pemasaran secara global dengan IE Matriks dan
alternatif strategi pemasaran dengan Matriks SWOT yamg kemudian akan di pilih
strategi yang sesuai dengan kondisi perusahaan. Data dari perusahaan kemudian di
analisis dengan menggunakan analisis faktor internal (IFAS) dan analisis faktor
eksternal (EFAS). Data yang diperoleh dari IFAS dan EFAS tersebut digunakan
untuk menentukan posisi kuadran perusahaan. Setelah di tentukan posisi kuadran
perusahaan, kemudian digunakan analisis SWOT sehingga dapat ditentukan
kebijakan dan strategi yang harus dilakukan oleh CV. Bimo Krisno Tour & Travel
Jember.
Berdasarkan hasil pengolahan data yaitu IE Matriks yang mengacu pada
perhitungan tabel IFAS dan EFAS menunjukkan CV. Bimo Krisno Tour & Travel
Jember berada pada kuadran V dengan total skor faktor strategis eksternal (EFAS)
adalah 2,1890 yang memberikan arti bahwa Bimo Krisno Tour & Travel Jember
mempunyai peluang untuk tumbuh dan berkembang di masa yang akan datang
dengan melakukan antisipasi terhadap ancaman-ancaman seiring dengan
pertumbuhan dan perkembangan tersebut. Sedangkan total skor faktor strategis
internal (IFAS) adalah 2,3175 yang memberikan arti bahwa Bimo Krisno Tour &
Travel memiliki kekuatan dan kelemahan rata-rata, dimana kekuatan yang
dimiliki dapat dimanfaatkan untuk meminimalkan kelemahannya. Strategi global
perusahaan Bimo Krisno Tour & Travel Jember berada pada kuadran V yaitu
strategi stabilitas atau pertumbuhan dengan konsentrasi melalui integritas
horizontal.