Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Harga dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Xiaomi Di Indonesia.
Abstract
Kemajuan teknologi menuntut masyarakat untuk dapat berpikir maju.
Dimana,Perubahan teknologi dan informasi dimanfaatkan untuk mempermudah
dan mengefisienkan pekerjaan masyarakat. Salah satu bentuk perubahan teknologi
informasi adalah munculya ponsel cerdas (Smartphone). Di Indonesia,
Smartphone sudah menjadi alat untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Hal itu
dibuktikan dengan munculnya berbagai merek smartphone yang tersebar di
Indonesia. Salah satunya merek smartphone asal china yang paling populer adalah
smartphone Xiaomi. Persaingan dari berbagai merek smartphone menyebabkan
berbagai macam perusahaan smartphone berusaha untuk bertahan dipasaran,
seperti pasar di Indonesia. Perusahaan Xiaomi menyadari bahwa pentingnya
adanya E-WOM dalam meningkatkan penjualan sehingga ia memngunakan
strategi e-WOM untuk bentuk promosi yang memiliki tidak memerlukan bahkan
kecil akan biaya yang dikeluarkan perusahaan. Hal tersebut dapat menekan harga
jual dari smartphone Xiomi sehingga memiliki harga lebih murah. Xiaomi
menyadari untuk menyebarkan bentuk e-WOM yang positif ia juga perlu
memperkuat citra merek dari perusahaan sehingga bentuk e-WOM yang
disebarkan cenderung positif bukan negative.
Penelitian ini dilakukan dengan memilih responden mengetahui tentang
smartphone Xiaomi. Jenis data pada penelitian ini adalah data kuantitatif yang
menggunakan skala interval. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data
primer. Data primer diperoleh dengan cara membagikan kuesioner secara online
pada 1250 responden dengan metode purposive sampling dimana peneliti
memberikan kriteria tertentu untuk pengambilan sampel seperti usia diatas 18
tahun serta sering atau pernah mencari informasi mengenai smartphone Xiaomi
dalam berbagai forum daring. Metode analisis data yang digunakan adalah
Analisis Regresi Linier Berganda yang bertujuan untuk menguji pengaruh
langsung antar variabel independen dan dependen yang diteliti.
Berdasarkan hasil analisis menunjukan e-WOM, Harga, dan Citra Merek
berpengaruh signifikan terhadap Minat beli Smartphone Xiaomi di Indonesia.