• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pendekatan STEM dengan Model Pembelajaran Inkuiri Bebas Termodifikasi Terhadap Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Biologi Siswa Madrasah Aliyah

    Thumbnail
    View/Open
    Mila Zulfaturrohima - 150210103026.pdf (4.957Mb)
    Date
    2021-07-01
    Author
    ZULFATURROHIMA, Mila
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi dalam proses kehidupan adalah pendidikan. Pendidikan pada dasarnya adalah usaha sadar untuk menumbuhkembangkan potensi sumber daya manusia dengan cara mendorong dan memfasilitasi kegiatan belajar. Upaya yang dapat dilakukan untuk mendorong dan memfasilitasi kegiatan belajar siswa bertujuan untuk meningkatkan kualitas belajar yang didapatkan dengan cara menerapkan pendekatan Science, Technology, Engineering and Mathematics dengan model pembelajaran Inkuiri Bebas Termodifikasi terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar siswa. Pendekatan STEM dengan model pembelajaran Inkuiri menerapkan pembelajaran yang mengharuskan siswa untuk melakukan penyelidikan ilmiah secara mandiri (Science) dan merancang teknologi baru sebagai bentuk inovasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan Science, Technology, Engineering and Mathematics dengan model pembelajaran Inkuiri Bebas Termodifikasi terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar biologi siswa madrasah aliyah. Keterampilan metakognitif diukur melalui nilai pre-test dan post-test yang dikerjakan siswa sebelum penerapan dan sesudah penerapan. Sedangkan hasil belajar siswa yang diukur dibagi menjadi ranah kognitif dan psikomotor. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasy eksperiment dengan dua kelas sebagai perlakuan. Pada kelas eksperimen menggunakan Science, Technology, Engineering and Mathematics dengan model pembelajaran Inkuiri Bebas Termodifikasi, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan pendekatan Saintific dengan model pembelajaran STAD. Uji yang dilakukan terdiri dari uji independent Sampel t-test untuk mengetahui perbedaan rerata kedua kelas serta uji analisis kovarian (ANAKOVA) untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan. Hasil penelitian yang diperoleh meliputi keterampilan metakognitif dan hasil belajar siswa. Hasil rerata keterampilan metakognitif siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 80.28 (± 10.81) sedangkan kelas kontrol sebesar 71.54 (± 8.94). Pada uji analisis kovarian didapatkan hasil signifikan sebesar 0,000 (p<0,05) yang berarti antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan hasil secara signifikan. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan pendekatan STEM dengan model pembelajaran Inkuiri Bebas Termodifikasi terhadap keterampilan metakognitif siswa. Data hasil penelitian yang diperoleh pada hasil belajar siswa meliputi ranah kognitif dan psikomotor. Hasil belajar ranah kognitif menunjukkan bahwa rerata nilai pre-test kelas eksperimen sebesar 54,58 dan nilai post-test sebesar 70,91 sedangkan rerata nilai pre-test kelas kontrol sebesar 39,64 dan nilai post-test sebesar 54,71 dan selisih rerata kelas eksperimen sebesar 16,32 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 15,07. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar ranah kognitif kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang artinya pendekatan STEM dengan model pembelajaran Inkuiri Bebas Termodifikasi terhadap hasil belajar siswa berpengaruh secara signifikan dengan nilai signifikan 0,000. Hasil belajar ranah psikomotor siswa memiliki rerata kelas eksperimen lebih tinggi yaitu sebesar 80.95 dan nilai psikomotor pada kelas kontrol sebesar 76.98. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar ranah psikomotor kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, sehingga terdapat perbedaan secara nyata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut dikatakan bahwa peningkatan hasil belajar ranah kognitif kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang artinya pendekatan STEM dengan model pembelajaran Inkuiri Bebas Termodifikasi terhadap hasil belajar ranah psikomotor.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107577
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository