• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving disertai Concept Mapping terhadap Kemampuan Berpikir Analitis dan Hasil Belajar Fisika di SMA

    Thumbnail
    View/Open
    MILA ARDIYANA PUTRI - 170210102023.pdf (5.361Mb)
    Date
    2021-05-02
    Author
    PUTRI, Mila Ardiyana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran Abad ke-21 merupakan pembelajaran terintegrasi dengan kecakapan Abad ke-21 antara lain berpikir kritis dan berpikir analitis. Permasalahan yang sering terjadi dalam pendidikan adalah rendahnya kemampuan berpikir. Rendahnya kemampuan berpikir siswa dapat terjadi karena strategi dan metode dalam pembelajaran yang diterapkan guru belum berorientasi pada pemberdayaan kemampuan berpikir. Salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi adalah kemampuan berpikir analitis. Kemampuan berpikir analitis merupakan kemampuan siswa untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi, merancang dan menemukan solusi permasalahan, dan menyusun suatu rencana. Penerapan model pembelajaran yang sesuai dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa. Model pembelajaran Creative Problem Solving merupakan model pembelajaran yang menyajikan masalah sebagai pusat pembelajaran dan mendorong siswa untuk menyelesaikan permasalahan tersebut berdasarkan ide dan gagasan yang dimilikinya. Penerapan model tersebut akan lebih optimal dengan dipadukan penggunaan concept mapping. Concept mapping merupakan suatu cara merepresentasi struktur pengetahuan yang menekankan pada hubungan antar konsep. Oleh karena itu, model pembelajaran Creative Problem Solving disertai concept mapping diharapkan mampu mengatasi permasalahan terkait kemampuan berpikir analitis dan hasil belajar fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving disertai concept mapping terhadap kemampuan berpikir analitis dan hasil belajar kognitif siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yaitu true experimental dengan desain posttest only control group design. Teknik sampling dilakukan menggunakan cluster random sampling setelah data yang ada dinyatakan homogen (uji homogenitas). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis menggunakan independent sampel t-test. Hasil penelitian yang diperoleh berupa data kemampuan berpikir analitis dan hasil belajar kognitif siswa, data tersebut didapatkan dari kegiatan posttest. Data kemampuan berpikir analitis siswa pada kelompok eksperimen memiliki ratarata sebesar 66,18 dan kelompok kontrol sebesar 54,87. Hasil uji normalitas menunjukkan nilai signifikansi data kemampuan berpikir analitis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol terdistribusi normal. Hasil uji hipotetis menggunakan uji independent sample t-test data kemampuan berpikir analitis siswa menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang diketahui dari nilai sign. (2-tailed) sebesar 0,034 atau nilai sign, (1-tailed) sebesar 0,017 artinya lebih kecil dari 0,05. Data hasil belajar kognitif siswa pada kelompok eksperimen memiliki ratarata sebesar 74,62 dan kelompok kontrol sebesar 61,00. Hasil uji normalitas hasil belajar pada kelompok eksperimen mempunyai data tidak terdistribusi normal sedangkan pada kelompok kontrol memiliki data terdistribusi normal sehingga uji hipotesis dilakukan menggunakan uji non parametrik Mann-Whitney U. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney U didapatkan nilai sign (2-tailed) sebesar 0,002 atau nilai sign, (1-tailed) sebesar 0,001 artinya lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving disertai concept mapping berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir analitis dan hasil belajar kognitif siswa di SMA.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107576
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository