• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Tema Indahnya Kebersamaan Berbasis Komik Kelas IV di SDN 1 Tegal Badeng Barat, Bali

    Thumbnail
    View/Open
    MAULINA AZHARI - 170210204183.pdf (5.766Mb)
    Date
    2021-07-15
    Author
    AZHARI, Maulina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Materi yang dianut di dalam buku siswa kelas IV SD pada tema 1 indahnya kebersamaan mata pelajaran IPS KD 3.2 mengidentifikasi materi tentang keberagaman sosial, ekonomi, budaya, etnik, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia. KD 4.2 menyajikan materi hasil dari identifikasi mengenai keberagaman ssosial, ekonomi, budaya, etnik, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia. Hal tersebut diperoleh dari hasil wawancara dengan wali kelas IV yaitu Bapak I Kade Erdwiyogi Pranata yang menyatakan bahwa: (1) masih kurangnya penggunaan LKPD sebagai alat penunjang pembelajaran; (2) media pembelajaran masih kurang; (3) pembelajaran hanya berpedoman pada buku guru dan buku siswa; dan (4) lembar kerja siswa yang digunakan adalah yang hanya dibeli dari penerbit yaitu VC Bina Pustaka. Berdasarkan permasalahan di atas, maka rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah proses dan hasil pengembangan lembar kerja peserta didik tema indahnya kebersamaan berbasis komik kelas IV SDN 1 Tegal Badeng Barat, Bali?”. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengenal proses dan hasil dari pengembangan lembar kerja peserta didik tema indahnya kebersamaan berbasis komik yang efektif untuk digunakan. Metode pengembangan LKPD berbasis komik pada penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Borg & Gall. Penelitian ini terdiri atas delapan tahapan yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan data; (2) perencanaan; (3) pengembangan desain produk awal; (4) Pengujian pendahuluan (5) revisi desain produk awal (6) uji coba penggunaan (7) Uji coba produk (8) Uji coba
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107571
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository