Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Tema Indahnya Kebersamaan Berbasis Komik Kelas IV di SDN 1 Tegal Badeng Barat, Bali
Abstract
Materi yang dianut di dalam buku siswa kelas IV SD pada tema 1
indahnya kebersamaan mata pelajaran IPS KD 3.2 mengidentifikasi materi
tentang keberagaman sosial, ekonomi, budaya, etnik, dan agama di provinsi
setempat sebagai identitas bangsa Indonesia. KD 4.2 menyajikan materi hasil dari
identifikasi mengenai keberagaman ssosial, ekonomi, budaya, etnik, dan agama di
provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
Hal tersebut diperoleh dari hasil wawancara dengan wali kelas IV yaitu
Bapak I Kade Erdwiyogi Pranata yang menyatakan bahwa: (1) masih kurangnya
penggunaan LKPD sebagai alat penunjang pembelajaran; (2) media pembelajaran
masih kurang; (3) pembelajaran hanya berpedoman pada buku guru dan buku
siswa; dan (4) lembar kerja siswa yang digunakan adalah yang hanya dibeli dari
penerbit yaitu VC Bina Pustaka.
Berdasarkan permasalahan di atas, maka rumusan permasalahan pada
penelitian ini adalah “Bagaimanakah proses dan hasil pengembangan lembar kerja
peserta didik tema indahnya kebersamaan berbasis komik kelas IV SDN 1 Tegal
Badeng Barat, Bali?”. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengenal proses dan hasil dari pengembangan lembar
kerja peserta didik tema indahnya kebersamaan berbasis komik yang efektif untuk
digunakan.
Metode pengembangan LKPD berbasis komik pada penelitian ini
menggunakan metode penelitian pengembangan Borg & Gall. Penelitian ini terdiri
atas delapan tahapan yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan data; (2) perencanaan;
(3) pengembangan desain produk awal; (4) Pengujian pendahuluan (5) revisi
desain produk awal (6) uji coba penggunaan (7) Uji coba produk (8) Uji coba