• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kecerdasan Musikal Anak Autis Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Inklusi Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    INTAN ROHILATUN NADHIFAH - 160210205120.pdf (3.435Mb)
    Date
    2021-02-01
    Author
    NADHIFAH, Intan Rohilan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kecerdasan adalah kemampuan seseorang untuk berpikir, memecahkan maslaah, dan bertindak, serta mampu menyesuaikan diri dengan berbagai macam kondisi di lingkungannya. Salah satu kecerdasan yang berpotensi dimiliki anak adalah kecerdasan musikal. Kecerdasan musikal adalah kecerdasan yang bersangkutan dengan nada dan tempo. Seperti yang diketahui bahwa pendidikan anak usia dini juga memiliki warna tersendiri tentang musik, dimana pada proses stimulus pada anak autis atau anak reguler selalu diselipkan dengan musik, tempo, dan bernyanyi di dalam proses stimulus. Ini kenapa bahwa studi tentang analisis kecerdasan musikal bagi anak autis perlu ditelaah. Beberapa penelitian dan beberapa teori menunjukkan bahwa anak yang memiliki gangguan autis akan merasa terganggu dengan adanya bunyi-bunyian, seperti memebrikan efek rasa sakit pada tubuh, dan anak autis akan menunjukkan penolakan saat mendengar bunyi-bunyian termasuk musik.Namun, terdapat metode pembalajaran menggunakan musik di Taman Kanak-kanak Inklusi Cahaya Nurani ini, seperti senam pagi, dan metode bernyanyi untuk belajar di dalam kelas. Ini, membuktikan bahwa musik juga memiliki pengaruh terhadap anak autis di Taman Kanak-kanak Inklusi Cahaya Nurani. Hal tersebut membuktikan bahwa anak autis memiliki kecerdasan musikal meski beberapa ahli mengtakan hal sebaliknya, dan bagaiamana teori yang dikemukakan oleh beberapa ahli ini bisa bertentngan dengan kegiatan riil yang ada di lapangan ini justru memebrikan ketertarikan tersendiri oleh penulis untuk menganalisis bagaimana kecerdasan musikal anak autis, dan bagaimana respon sebenarnya anak autis terhadap musik. Tentu untuk menunjang hasil yang maksimal peneliti perlu menggunakan beberapa metode penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah. Jenis penelitian ini diambil dengan pengumpulan data seperti observasi di Taman Kanak-kanak Inklusi Cahaya Nurani secara langsung. Wawancara terhadap beberapa sumber seperti guru kelas, dan orang tua. Tidak lupa juga ditunjang dengan dokumentasi berupa barang-barang yang tertulis dan beberapa dokumentasi saat penelitian berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa anak-anak usia 5-6 yang memiliki autisme kategori berat, sedang dan ringan pada dasarnya memiliki kepekaan terhadap ritme musik. Anak-anak tersebut mampu mengikuti ritme musik dengan gerakan dan dengan pembiasaan anak dapat menghafal lirik lagu sederhana untuk membantu mereka menghafal sesuatu. Hal yang menjadi kendala dalam pengembangan kecerdasan musikal anak-anak tersebut adalah kepekaan sensoris terhadap bunyi-bunyian, terutama pada anak dengan kategori autisme berat. Hal ini menyebabkan anak-anak autisme menjadi tidak nyaman, menolak dan bahkan menghindar saat diperdengarkan musik dengan volume yang tinggi, atau justru beralih perhatian pada bunyi-bunyian yang didengarnya. Meskipun demikian, melalui latihan berulang-ulang anak tampaknya mampu mengembangkan adaptasi sensorik sehingga menjadi lebih terbiasa dan mampu mengikuti kegiatan menggunakan musik bersama teman-teman lainnya. Saran yang bisa diberikan adalah lebih memperhatikan volume yang akan diperdengarkan ke anak autis, agar tidak salah persepsi bahwa anak autis terganggu dengan musik. Lebih baik memberikan sarana dan prasarana yang lebih untuk mengasah kecerdasan musik anak autis karena musik bisa menjadi bentuk terapi untuk anak autis.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107534
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository