• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Terhadap Minat Belajar Siswa SMA Kelas XI Pada Materi Suhu dan Kalor

    Thumbnail
    View/Open
    FAIRUZ MAHARANI DEASIYANTI - 170210102070.pdf (4.089Mb)
    Date
    2021-07-02
    Author
    DEASIYANTI, Fairuz Maharani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) mengenai pembelajaran yang dilaksanakan di rumah (Study From Home). Banyak cara yang harus dilakukan oleh seorang guru untuk menyampaikan sebuah materi pembelajaran masa pandemi saat ini, salah satu contohnya yaitu dengan menggunakan bantuan media pembelajaran yang mampu mendukung kegiatan belajar mengajar. Manfaat dari media pembelajaran salah satunya, menumbuhkan motivasi dan minat belajar siswa dengan pembelajaran yang menarik. Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) oleh rumah tangga di Indonesia menunjukkan perkembangan yang pesat, proporsi penggunaan internet di provinsi jawa timur pada tahun 2017 – 2019 mengalami peningkatan sebesar 15,93%. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh guru guna meningkatkan ketertarikan siswa untuk belajar fisika. Salah satunya yaitu dengan menggunakan suatu media pembelajaran yang berbasis pada teknologi dan internet. Salah satu contohnya melalui pengembangan media pembelajaran berbasis webbased learning. Oleh karena itu peneliti mencoba untuk mengembangkan media pembelajaran fisika berbasis web terhadap minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas media yang dikembangkan, efektivitas, serta minat belajar siswa menggunakan media yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang dirancang untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis web pada materi suhu dan kalor. Model pengembangan yang digunakan model pengembangan Nieeven yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu preliminary research, development or prototype research, asessment phase. Proses penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Lumajang pada bulan April 2021 dengan menggunakan lembar validasi, soal, dan angket minat sebagai sumber data penelitian. Subjek penelitian pada uji terbatas sejumlah 9 siswa dan uji luas berjumlah 35 siswa. Hasil penelitian yang telah dilakukan mendapat perolehan hasil validasi ahli sebesar 80,4% yang termasuk dalam kategori cukup valid, dimana media pembelajaran dapat digunakan dengan atau tanpa dilakukan revisi kecil, sedangkan hasil validasi pengguna sebesar 88,8% dimana validasi tersebut termasuk kategori sangat valid serta media dapat digunakan tanpa adanya revisi. Melalui hasil yang sudah didapatkan pengembangan media pembelajaran fisika berbasis web dapat dikatakan valid serta layak digunakan dalam proses pembelajaran. Selanjutnya, Efektivitas media dapat diketahui melalui peningkatan hasil pre-test dan post-test yang dilakukan yang kemudian dianalisis menggunakan persamaan N-gain skor. Nilai efektivitas yang didapatkan di uji coba secara terbatas mendapat nilai 0,72 dan uji coba secara luas 0,74 dimana kedua nilai tersebut berada dalam kategori tinggi. Minat belajar siswa dalam menggunakan media pembelajaran berbasis web dapat diketahui melalui angket minat yang harus diisi oleh siswa setelah proses pembelajaran menggunakan media selesai. Ada lima indikator minat, dan masing-masing indikator terdiri dari 5 pernyataan. Berdasarkan hasil data yang diperoleh, minat belajar siswa secara keseluruhan berada dalam kategori baik dengan mendapat nilai persentase sebesar 84.85%. Minat belajar yang dimiliki setiap peserta didik mempunyai kategori yang berbeda – beda. Terdapat lima kategori minat belajar, 12 siswa memiliki minat belajar yang sangat baik, 16 siswa memiliki minat belajar yang baik, dan 7 siswa memiliki minat belajar yang cukup baik
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107493
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository