Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter pada Buku Siswa Kelas V Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Revisi Tahun 2017
Abstract
Pendidikan di Indonesia menggunakan kurikulum 2013 yang menekankan
pada penanaman karakter. Nilai karakter sendiri termasuk dalam K1 dan K2 dalam
kurikulum yang menjelaskan bahwa setiap pembelajaran yang dilakukan selalu
menanamkan nilai karakter. Siswa diharapkan dapat mengetahui setiap nilai
karakkter yang terkandung dalam buku siswa dan dapat menerapkannya dalam
kehidupan sehari-hari. Pada tahun 2017 terjadi beberapa revisi pada nilai-nilai
karakter yang dikemas hanya menjadi 5 karakter utama yaitu; religius;
nasionalisme; mandiri; gotong royong; dan integritas. Nilai karakter ini sangat
penting sehingga harus dimunculkan dalam pembelajaran karena karakter yang
ditanamkan sejak dini dapat menjadikan pribadi siswa yang baik dan jujur dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara.
Berdasarkan uraian diatas dapat diketahui bahwa buku siswa kelas V tema
7 Peristiwa dalam Kehidupan subtema 1 Peristiwa kebangsaan Masa Penjajahan
Revisi tahun 2017 ini terdapat nilai karakter yang terkandung terutama nilai
nasionalisme dalam masa penjajahan dan kegigihan perjuangan pahlawan dalam
merebutkan kemerdekaan Indonesia, selain nilai nasionalisme juga terdapat nilainilai karakter lainnya seperti nilai religius, nilai gotong royong, nilai kemandirian
dan nilai integritas. Nilai-nilai tersebut akan di analisis apakah dalam buku siswa
tersebut terdapat nilai-nilai karakter yang sesuai dengan Permendikbud dan Silabus.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka dilakukan penelitian analisis
dengan rumusan masalah sebagai berikut : Nilai-nilai karakter apa saja yang
dianalisis pada buku siswa kelas V Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Subtema 1
Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Revisi Tahun 2017.Jenis Penelitian menggunakan penelitian analisis deskriptif. Jenis penilitian
ini menghasilkan deskripsi tentang nilai-nilai karakter yang terkandung dalam buku
siswa kelasV tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan
Masa Penjajahan Revisi Tahun 2017.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, menunjukan bahwa dalam buku
siswa tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa
Penjajahan Revisi Tahun 2017 terdapat nilai karakter yang meliputi, (a) nilai
religius 4; (b) nilai nasionalisme 23; (c) nilai kemandirian 19; (d) nilai gotong
royong 21, yang ditunjukkan dengan adanya indikator sesuai dengan karakter dalam
buku siswa siswa tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Subtema 1 Peristiwa Masa
Kebangsaan pada Masa Penjajahan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah buku siswa kelas V tema 7 Peristiwa
dalam Kehidupan Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan dalam Masa Penjajahan Revisi
Tahun 2017 ini memiliki 4 nilai karakter yang meliputi: nilai religius; nilai
nasionalisme; nilai kemandirian; nilai gotong royong yang sesuai dengan indikator
nilai-nilai karakter. Saran bagi guru sebaiknya guru mengembangkan dan
membelajarkan nilai karakter yang tidak terdapat dalam buku siswa tersebut agar
mempermudah pembelajaran berlangsung ataupun guru dapat menjelaskan tentang
nilai karakter yang terkandung dalam buku siswa kelas V tema 7 Peristiwa dalam
Kehidupan Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan dalam Masa Penjajahan Revisi Tahun
2017 diakhir pembelajaran agar siswa dapat mengetahui dan dapat menerapkannya
dalam kehidupan sehari-hari.