• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Video Animasi Dongeng Kita Sebagai Alternatif Bahan Ajar Untuk Mengembangkan Nilai Karakter Siswa SD

    Thumbnail
    View/Open
    DANU FATKHUR RIZAL - 170210204137.pdf (1.708Mb)
    Date
    2021-07-27
    Author
    RIZAL, Danu Fatkhur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berkembangnya era selalu didampingi dengan berkembangnya permasalahan. Salah satu dari permasalahan yang sedang marak di Indonesia yaitu tentang karakter generasi bangsa. Karakter generasi bangsa telah ditanggulangi oleh kurikulum 2013 yang pembelajarannya memfokuskan pada pembentukan sikap. Permasalahan generasi bangsa berikutnya adalah malasnya membaca buku, dan gemarnya menonton. Hal ini terjadi karena perkembangan teknologi yang pesat, sehingga ada banyak platform media yang dapat diakses menggunakan internet. Salah satu dari platform tersebut adalah youtube. Youtube memiliki channel-channel dari para youtuber yang dapat diambil sebagai pembelajaran. Salah satu channel yang terdapat nilai positif adalah Dongeng Kita. Dongeng Kita adalah channel yang berisikan video cerita rakyat dari sabang sampai merauke. Berdasarkan pernyataan tersebut permasalahan pada penelitian ini diantaranya: apa saja nilai-nilai karakter yang terkandung dalam video animasi Dongeng Kita serta bagaimana pemanfaatannya sebagai bahan ajar di sekolah dasar?. Sesuai dengan permasalahan penelitian, tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam video animasi Dongeng Kita serta pemanfaatannya sebagai alternatif bahan ajar di SD. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif yang menggambarkan nilai-nilai karakter yang terkandung di dalam video animasi Dongeng Kita serta pemanfaatannya sebagai alternatif bahan ajar di SD. Adapun sumber data yang digunakan adalah video animasi Dongeng Kita yang berjudul “Asal-usul Kota Surabaya”, “Kisah Cindelaras”, “Asal-usul Reog Ponorogo”, dan “Roro Jonggrang”. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui dokumentasi, yaitu mengkaji nilai-nilai karakter dalam video animasi Dongeng Kita serta pemanfaatannya sebagai bahan ajar di SD dalam dokumen yang tertulis yaitu berupa transkip kalimayt. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis data kualitatif melalui tiga tahap yaitu pereduksian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa video animasi Kisah Cindelaras terdapat nilai religius, nilai jujur, nilai tanggung jawab, nilai rasa ingin tahu, nilai bekerja sama, nilai santun dan nilai percaya diri. Pada video animasi Asal-usul Kota Surabaya terdapat nilai tanggung jawab, nilai rasa ingin tahu, nilai bekerja sama, dan nilai percaya diri. Pada video animasi Roro Jonggrang terdapat nilai disiplin, nilai tanggung jawab, nilai bekerja sama, dan nilai percaya diri. Pada video animasi Asal-usul Reog Ponorogo terdapat nilai tanggung jawab, nilai bekerja sama, dan nilai percaya diri. Nilai-nilai tersebut sangat penting untuk diterapkan dalam setiap pembelajaran di SD. Berdasarkan data yang terkumpul, keempat video animasi Dongeng Kita dapat diterapkan sebagai alternatif media aja dalam kelas 4 tema 8 subtema 1 pembelajaran 3. Pada pembelajaran tersebut terdapat 3 muatan yaitu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Bahasa Indonesia (BI), dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Implementasi video animasi Dongeng Kita dapat digunakan pada KD IPS dan BI. Kesimpulan penelitian ini adalah 4 video animasi Dongeng Kita terdapat 8 nilai karakter dan dapat digunakan sebagai alternatif media ajar pada kelas 4 tema 8 subtema 1 pembelajaran 3 KD IPS dan BI. Adapun saran penelitian ini adalah guru dapat menggunakan video animasi Dongeng Kita sebagai alternatif media ajar, sedangkan bagi siswa, diusahakan selain melihat video juga membaca hasil transkip, sedangkan bagi peneliti lain supaya menggunakan hasil penelitian ini sebagai referensi penelitian berikutnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107446
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15368]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository