• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perencanaan Campuran High-Performance Concrete Pada Paving Block Dengan Metode Vibropressing

    Thumbnail
    View/Open
    Achmad Naufal Dwi Langgeng Nugroho - 171910301015.pdf (2.776Mb)
    Date
    2021-07-12
    Author
    NUGROHO, Achmad Naufal Dwi Langgeng
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Maraknya penggunaan paving block sebagai perkerasan area parkir maupun perkerasan jalan raya menuntut ketersediaan mutu paving block yang sesuai dengan penggunaan. Tidak hanya digunakan sebagai perkerasan pada area parkir dan jalan raya, penggunaan paving block juga telah diaplikasikan sebagai perkerasan pada area bandara udara internasional dan juga terminal kontainer internasional yang dimana pada area tersebut membutuhkan pijakan dengan kuat tekan yang tinggi. Ketersediaan mutu paving block yang ada di Indonesia adalah paving block mutu A yakni dengan kuat tekan sebesar 40 MPa, akan tetapi mutu paving block dengan kuat tekan tersebut belum bisa diaplikasikan pada area bandara udara internasional maupun terminal kontainer internasional sehingga diperlukan mutu paving block yang lebih tinggi. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan paving block mutu tinggi dengan material lokal. Pada umumnya, produksi paving block secara home industry dilakukan dengan metode konvensional dan kuat tekan yang dihasilkan masih terbilang rendah sehingga diperlukan metode lain untuk mendapatkan kuat tekan yang lebih baik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode vibropressing. Alat vibropressing adalah alat yang digunakan untuk pemadatan dengan memanfaatkan gaya tekan hidrolis dan juga mengkombinasikan getaran dengan tujuan agar udara yang terperangkap di dalam rongga-rongga campuran paving block dapat keluar sehingga paving block menjadi lebih padat dan rata. Campuran paving block yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada ACI mix design dengan kuat tekan rencana 40 MPa dan 35 MPa dan juga DoE mix design dengan kuat tekan rencana 50 MPa dan 40 MPa. Pada penelitian ini juga ditambahkan abu batu sebanyak 9% dari berat pasir yang digunakan pada masing-masing mix design untuk mendapatkan kuat tekan yang lebih tinggi. Perawatan benda uji dilakukan dengan cara penyiraman permukaan benda uji menggunakan air dan Pengujian benda uji dilakukan pada umur 28 hari. Hasil dari pengujian kuat tekan concrete paving block ACI mix design dan DoE mix design tanpa abu batu pada umur 28 hari berturut-turut yaitu 65,0737 MPa, 55,0417 MPa, 50,0485 MPa, dan 43,7896 MPa. Sedangkan hasil kuat tekan concrete paving block ACI mix design dan DoE mix design dengan tambahan abu batu pada umur 28 berturut-turut yaitu 67,0910 MPa, 56,8807 MPa, 51,6150 MPa, dan 45,3471 MPa. Selanjutnya hasil pengujian daya serap air concrete paving block ACI mix design dan DoE mix design tanpa abu batu pada umur 28 hari berturutturut yaitu 1,472%, 1,639%, 1,657%, dan 1,798%. Sedangkan hasil pengujian daya serap air concrete paving block ACI mix design dan DoE mix design dengan tambahan abu batu pada umur 28 hari berturut-turut yaitu 1,842%, 2,279%, 2,251%, dan 2,394%. Hasil pengujian keausan concrete paving block ACI mix design dan DoE mix design tanpa abu batu pada umur 28 hari berturut-turut yaitu 0,0676 mm/menit, 0,0781 mm/menit, 0,0763 mm/menit, dan 0,0778 mm/menit. Sedangkan hasil pengujian keausan concrete paving block ACI mix design dan DoE mix design dengan tambahan abu batu pada umur 28 hari berturut-turut yaitu 0,0736 mm/menit, 0,0708 mm/menit, 0,0856 mm/menit, dan 0,0829 mm/menit. Penambahan abu batu sebanyak 9% menyebabkan peningkatan kuat tekan sebesar 3%-3,5% akan tetapi menyebabkan nilai resapan air semakin tinggi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107397
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4249]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository