Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif “Genino” Berbasis Android pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Pembelajaran daring di era pandemi Covid-19 menjadi tantangan baru bagi guru, siswa, dan orang tua. Transfer ilmu dalam pembelajaran daring membutuhkan suatu alat atau media yang dapat menyampaikan materi pembelajaran dalam jarak yang tidak tertentu. Media yang dipilih harus tepat guna agar pembelajaran dapat tetap berjalan dengan efektif. Saat ini media yang dibutuhkan adalah media berbasis teknologi guna mendukung pembelajaran daring di era pandemi Covid-19. Salah satu media berbasis teknologi yaitu media pembelajaran interaktif. Media pembelajaran interaktif merupakan sebuah alat perantara yang menyampaikan pesan secara kolaborasi dari berbagai unsur seperti teks (lisan atau tercetak), gambar (foto, grafik, animasi), audio, serta tombol-tombol navigasi yang dapat menciptakan interaksi dengan penggunanya. Kelebihan dari media pembelajaran interaktif berbasis teknologi adalah dapat dijalankan di berbagai gawai, salah satunya yaitu smartphone android. Berdasarkan hasil angket analisis kebutuhan yang diberikan kepada guru kelas V SD di Kabupaten Bondowoso dapat diketahui bahwa selama pembelajaran daring siswa memiliki fasilitas untuk menggunakan smartphone android baik milik pribadi maupun orang tua. Namun, adanya fasilitas tersebut kurang dimanfaatkan oleh guru untuk menggunakan variasi media pembelajaran. Guru lebih banyak memberikan penugasan yang ada di buku siswa. Kurangnya variasi pembelajaran dapat menyebabkan turunnya minat dan hasil belajar siswa (Oktafiani, dkk., 2020). Selain itu didapatkan hasil bahwa siswa kesulitan memahami materi muatan pembelajaran IPA yang bersifat abstrak khususnya materi siklus air. Pokok bahasan siklus air merupakan materi yang tidak mudah diamati dengan panca indra secara langsung. Oleh sebab itu, pembelajaran muatan IPA pada Tema Lingkungan Sahabat Kita kelas V membutuhkan media yang dapat memvisualisasikan proses siklus air dalam bentuk animasi. Salah satunya yaitu dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis android.Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui validitas media pembelajaran interaktif Genino berbasis android pada tema lingkungan sahabat kita kelas V sekolah dasar, (2) mengetahui efektivitas media pembelajaran interaktif Genino berbasis android pada tema lingkungan sahabat kita kelas V sekolah dasar, (3) Untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran interaktif Genino berbasis android pada tema lingkungan sahabat kita kelas V. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (four-D) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel (dalam Trianto, 2017). Prosedur penelitian 4D terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Dabasah 1 dan siswa kelas V SDN Kotakulon 1. Hasil pengembangan dari media pembelajaran interaktif Genino berbasis android ini didapatkan hasil validitas media oleh validator dinyatakan sangat valid dengan persentase kevalidan sebesar 93%. Selain itu media yang dikembangkan juga diuji efektivitasnya. Di kelas VA, VB, VC SDN Dabasah 1 dan kelas V SDN Kotakulon 1 Bondowoso menunjukkan hasil uji efektivitas termasuk dalam kriteria efektif dengan persentase secara berturut-turut sebesar 77,5%, 82,5%, 77,5%, 85,7%. Hasil terakhir dari produk pengembangan ini adalah diuji kepraktisannya yang diambil dari hasil analisis respon siswa. Di kelas VA, VB, VC SDN Dabasah 1 dan kelas V SDN Kotakulon 1 Bondowoso menunjukkan hasil uji kepraktisan termasuk dalam kriteria sangat praktis dengan persentase secara berturut-turut sebesar 85,26%, 86,2%, 81,4%, 83,24%. Berdasarkan uraian tersebut dapat diketahui bahwa media pembelajaran interakif Genino valid, efektif dan praktis untuk digunakan.