• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif “Genino” Berbasis Android pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Sekolah Dasar

    Thumbnail
    View/Open
    170210204235.pdf (3.690Mb)
    Date
    2021-06-24
    Author
    FAIZAH, Intan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran daring di era pandemi Covid-19 menjadi tantangan baru bagi guru, siswa, dan orang tua. Transfer ilmu dalam pembelajaran daring membutuhkan suatu alat atau media yang dapat menyampaikan materi pembelajaran dalam jarak yang tidak tertentu. Media yang dipilih harus tepat guna agar pembelajaran dapat tetap berjalan dengan efektif. Saat ini media yang dibutuhkan adalah media berbasis teknologi guna mendukung pembelajaran daring di era pandemi Covid-19. Salah satu media berbasis teknologi yaitu media pembelajaran interaktif. Media pembelajaran interaktif merupakan sebuah alat perantara yang menyampaikan pesan secara kolaborasi dari berbagai unsur seperti teks (lisan atau tercetak), gambar (foto, grafik, animasi), audio, serta tombol-tombol navigasi yang dapat menciptakan interaksi dengan penggunanya. Kelebihan dari media pembelajaran interaktif berbasis teknologi adalah dapat dijalankan di berbagai gawai, salah satunya yaitu smartphone android. Berdasarkan hasil angket analisis kebutuhan yang diberikan kepada guru kelas V SD di Kabupaten Bondowoso dapat diketahui bahwa selama pembelajaran daring siswa memiliki fasilitas untuk menggunakan smartphone android baik milik pribadi maupun orang tua. Namun, adanya fasilitas tersebut kurang dimanfaatkan oleh guru untuk menggunakan variasi media pembelajaran. Guru lebih banyak memberikan penugasan yang ada di buku siswa. Kurangnya variasi pembelajaran dapat menyebabkan turunnya minat dan hasil belajar siswa (Oktafiani, dkk., 2020). Selain itu didapatkan hasil bahwa siswa kesulitan memahami materi muatan pembelajaran IPA yang bersifat abstrak khususnya materi siklus air. Pokok bahasan siklus air merupakan materi yang tidak mudah diamati dengan panca indra secara langsung. Oleh sebab itu, pembelajaran muatan IPA pada Tema Lingkungan Sahabat Kita kelas V membutuhkan media yang dapat memvisualisasikan proses siklus air dalam bentuk animasi. Salah satunya yaitu dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis android.Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui validitas media pembelajaran interaktif Genino berbasis android pada tema lingkungan sahabat kita kelas V sekolah dasar, (2) mengetahui efektivitas media pembelajaran interaktif Genino berbasis android pada tema lingkungan sahabat kita kelas V sekolah dasar, (3) Untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran interaktif Genino berbasis android pada tema lingkungan sahabat kita kelas V. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (four-D) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel (dalam Trianto, 2017). Prosedur penelitian 4D terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Dabasah 1 dan siswa kelas V SDN Kotakulon 1. Hasil pengembangan dari media pembelajaran interaktif Genino berbasis android ini didapatkan hasil validitas media oleh validator dinyatakan sangat valid dengan persentase kevalidan sebesar 93%. Selain itu media yang dikembangkan juga diuji efektivitasnya. Di kelas VA, VB, VC SDN Dabasah 1 dan kelas V SDN Kotakulon 1 Bondowoso menunjukkan hasil uji efektivitas termasuk dalam kriteria efektif dengan persentase secara berturut-turut sebesar 77,5%, 82,5%, 77,5%, 85,7%. Hasil terakhir dari produk pengembangan ini adalah diuji kepraktisannya yang diambil dari hasil analisis respon siswa. Di kelas VA, VB, VC SDN Dabasah 1 dan kelas V SDN Kotakulon 1 Bondowoso menunjukkan hasil uji kepraktisan termasuk dalam kriteria sangat praktis dengan persentase secara berturut-turut sebesar 85,26%, 86,2%, 81,4%, 83,24%. Berdasarkan uraian tersebut dapat diketahui bahwa media pembelajaran interakif Genino valid, efektif dan praktis untuk digunakan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107367
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository