dc.contributor.author | LESTARI, Adelia Penny | |
dc.date.accessioned | 2022-06-27T07:39:40Z | |
dc.date.available | 2022-06-27T07:39:40Z | |
dc.date.issued | 2021-05-08 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107365 | |
dc.description.abstract | Kegiatan pembelajaran biasanya dilaksanakan secara tatap muka langsung, tetapi pada situasi saat ini baik guru maupun siswa harus beradaptasi dengan situasi yang cukup berbeda yaitu pelaksanaan program pembelajaran secara daring dimana seluruh siswa beserta guru harus memberlakukan kegiatan belajar di rumah. Salah satu hambatan pembelajaran daring yaitu siswa merasa jenuh saat belajar karena selama pembelajaran daring masih belum mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran, contohnya pemberian tugas melalui aplikasi WhatsApp Group dan penjelasan materi melalui pesan suara sehingga pemahaman siswa mengenai materi yang disampaikan masih tergolong kurang. Oleh karena itu, guru perlu menggunakan media yang dirasa mampu merangsang perhatian dan minat siswa dalam belajar. Media audio visual mampu mendorong motivasi belajar dan meningkatkan hasil belajar serta memperjelas daya serap dalam menerima pelajaran. Dengan penggunaan media ini diharapkan siswa merasa seolah terlibat dalam kegiatan belajar walaupun tanpa bertemu langsung dengan guru. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah pada penelitian ini yaitu : (1) adakah pengaruh penerapan penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD Negeri Bataan 1 Bondowoso pada masa pembelajaran daring. (2) Apakah media audio visual efektif untuk digunakan pada proses pembelajaran PPKn siswa kelas IV SD Negeri Bataan 1 Bondowoso pada masa pembelajaran daring. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pada penggunaan media audio visual dan untuk mengetahui apakah media audio visual efektif untuk digunakan pada pembelajaran PPKn siswa kelas IV SD Negeri Bataan 1 Bondowoso pada masa pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari suatu perlakuan tertentu terhadap perubahan kondisi atau keadaan. Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperimental dengan pola pretest-post test control group design. Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung yang diperoleh adalah sebesar 4,798, sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah 2,024. Jika kedua nilai ini dibandingkan maka didapat thitung ˃ ttabel, sehingga dapat diputuskan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Selanjutnya, hasil uji keefektifan relatif sebesar 53% dengan kategori sedang menunjukkan besar keefektifan yang dicapai suatu kelompok dengan kelompok lainnya. Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan media audio visual melalui video pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PPKn pada masa pembelajaran daring. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa dengan penerapan media audio visual melalui video pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan demikian menunjukkan bahwa media audio visual efektif untuk diterapkan dan digunakan pada pembelajaran PPKn siswa kelas IV SDN Bataan 1 Bondowoso pada masa pembelajaran daring. | en_US |
dc.description.sponsorship | Drs. Hari Satrijono, M.Pd. (Dosen Pembimbing I)
Dyah Ayu Puspitaningrum, SE., M.Si. (Dosen Pembimbing II) | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Media Audio Visual | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar PPKn | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Daring | en_US |
dc.title | Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV SDN Bataan 1 Bondowoso pada Masa Pembelajaran Daring | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |