Penerapan Pendekatan Pembelajaran Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Smp
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan pendekatan pembelajaran STEM terhadap kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa SMP. Paradigma pendidikan nasional abad 21 menuntut siswa untuk memiliki pengetahuan, keterampilan-keterampilan baru, dan berbagai cara belajar yang dapat digunakan sebagai modal siswa dalam menghadapi berbagai tantangan dunia yang selalu berubah-ubah. Pendidikan di Indonesia masih banyak menggunakan metode dan pendekatan konvensional, sehingga kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa masih di bawah rata-rata. Strategi pembelajaran yang potensial dirancang dan diimplementasikan sehingga siswa dapat berfikir kritis yaitu dengan menggunakan pendekatan STEM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif bersifat ekperimen semu. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 1 Jember pada tahun akademik 2021/2022. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, terdiri dari kelas kotrol dan kelas eksperimen. Instrument yang digunakan adalah soal posttest kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa tiap indikator pada siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol Maka penerapan pendekatan pembelajaran STEM berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMP.