• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Transaksi Kredit Ekonomi Produktif Antara Customer Service dan Anggota Koperasi Margo Mulyo di Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember: Suatu Kajian Etnografi Komunikasi

    Thumbnail
    View/Open
    repo.pdf (2.499Mb)
    Date
    2022-05-30
    Author
    ANI, Warda Septi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian etnografi komunikasi ini berlangsung di ranah pelayanan publik di bidang ekonomi dan bisnis tepatnya di Koperasi Margo Mulyo Ambulu. Dalam pelayanan publik ini, akan diungkap dan dideskripsikan pola komunikasi, tema budaya, dan teori subtantif yang terjadi antara Customer Service dan anggota dalam transaksi kredit. Sebagai sarana penunjang dalam melakukan analisis data peneliti menggunakan metode etnografi. Data yang dianalisis dalam penelitian ini berupa transkrip teks percakapan antara Customer Service dengan anggota pada jenis pelayanan yang disebutkan. Tahap pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengamatan terlibat, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan selama penelitian berlangsung adalah pendekatan emik (interpretatif). Dalam mengecek keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Tahap analisis data mencangkup analisis domain, analisis taksonomik, analisis komponensial, dan analisis tema budaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi komunikatif yang terbentuk, menggambarkan adanya pola-pola komunikasi yang jelas, cepat, terarah, dan informatif. Interaksi komunikatif pelayanan dilakukan secara transaksional direktif dan representatif bertujuan untuk memberikan pelayanan secara maksimal terhadap kebutuhan anggota, maka kualitas Koperasi Margo Mulyo dan penilaian dari masyarakat akan bertambah baik. Oleh karena itu, tema budaya yang diperoleh dari penelitian ini adalah “Nilai- nilai kejujuran dan kesopanan sebagai bentuk tanggung jawab dalam menjaga keterarahan pelayanan transaksi kredit ekonomi produktif untuk mencapai keefektifan pelayanan publik di koperasi”.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107303
    Collections
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge) [2281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository