PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN BENTUK PENINGGALAN SEJARAH MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TEMPUREJO 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Fakta yang terjadi di lapangan, mayoritas siswa Sekolah Dasar kurang
termotivasi untuk mengikuti pelajaran IPS. Hal ini selain pembelajaran IPS disajikan
dalam bentuk pembelajaran yang konvensional dan kurang melibatkan siswa dalam
kegiatan belajar mengajar sehingga siswa cenderung pasif selama pembelajaran.
Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI)
merupakan kombinasi antara belajar kooperatif dengan belajar individu, kemudian
siswa saling membantu dan mengecek. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif
tipe Team Assisted Individualization (TAI) ini menjadikan siswa lebih berkreatif
dalam belajar dimana pada pembelajaran ini siswa dikondisikan belajar secara
individu serta belajar secara kelompok sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik
dan tidak monoton. Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan dalam
penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa
dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization
(TAI) pada siswa kelas IV SDN Tempurejo 01 jember tahun pelajaran 2011/2012
pada mata pelajaran IPS pokok bahasan bentuk peninggalan sejarah.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa
dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization
(TAI) pada siswa kelas IV SDN Tempurejo 01 Jember tahun pelajaran 2011/2012
pada mata pelajaran IPS pokok bahasan bentuk-bentuk peninggalan sejarah.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Tempurejo 01 Jember tahun
pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 20 siswa, 12 orang laki-laki, 8 orang
perempuan. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan
kuantitatif.
Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 28 Nopember 2011 sampai 7
Desember 2011 dengan subyek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Tempurejo 01.
Data yang dikumpulkan berupa motivasi siswa, dan hasil belajar siswa. Dari hasil
pengamatan diperoleh persentase motivasi siswa pada siklus I adalah 66,2% dan
Siklus II sebesar 76,6%. Berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I
sebesar 75% dan Siklus II sebesar 85%. Berdasarkan analisa hasil belajar pada siklus
I dan siklus II menunjukkan bahwa kelas IV telah mengalami peningkatan motivasi
dan hasil belajar IPS.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah model Pembelajaran kooperatif tipe
Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa
yang diperoleh dari hasil persentase siklus I sampai siklus II. Pada siklus I persentase
meningkat menjadi 66,2 % (kriteria cukup) dan pada siklus II mengalami peningkatan
menjadi 76,6 % (kriteria cukup). Keberhasilan tersebut ditandai dengan peningkatan
persentase dari siklus I ke siklus II sebesar 10,4%. Kemudian hasil analisis ketuntasan
belajar siswa dari dari rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 75 dengan
persentase ketuntasannya sebesar 75% (tuntas) dan rata-rata hasil belajar siklus II
sebesar 79 dengan persentase ketuntasannya sebesar 85% (tuntas).
Saran yang diberikan peneliti adalah agar dalam pelaksanaan pembelajaran
kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) berjalan dengan baik, maka
siswa harus selalu siap dalam menerima materi pembelajaran. Guru juga harus
memiliki kesiapan dan kemampuan dalam mengelola kelas agar setiap tahapan
pembelajaran berlangsung secara maksimal. Diharapkan guru dapat menggunakan
pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) sebagai
alternatif apabila menemukan permasalahan pembelajaran yang sama di dalam kelas.
Penelitian ini juga dapat menjadi masukan bagi peneliti lain untuk penelitian lebih
lanjut.