• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan E-book Berbasis Kearifan Lokal Jember untuk Peningkatan Keefektifan Hasil Belajar Tema 7 Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku pada Siswa Kelas IV di SDN Tegalrejo 01 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    skripsi hesti dwi pratiwi 180210204202.pdf (5.868Mb)
    Date
    2022-06-14
    Author
    Pratiwi, Hesti Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan kurikulum 2013 di SD berdampingan dengan bahan ajar berwujud buku guru dan buku siswa yang telah disediakan oleh pemerintah. Berdasarkan analisis buku siswa kelas IV SD pada tema 7 subtema 2 khususnya pembelajaran 5 dan 6 menunjukkan bahwa materi pembelajaran yang ada di dalamnya belum ada kearifan budaya lokal. Banyak siswa yang belum mengetahui keragaman apa saja yang ada di lingkungan sekitarnya. Perkembangan zaman dan ilmu teknologi yang terjadi saat ini menjadikan bahan ajar memiliki banyak variasi salah satunya adalah buku elektronik (e-book). E-book memberikan kesempatan kepada siswa untuk meningkatkan pendalaman materi, karena siswa tidak hanya membaca teks. E-book memuat video dan animasi yang menyebabkan siswa menjadi kian aktif dan mandiri saat belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses pengembangan e-book dan hasil pengembangan e-book berbasis kearifan lokal Jember yang efektif dan valid bagi tema 7 subtema 2 pada siswa kelas IV SDN Tegalrejo 01 Jember. Metode dalam penelitiannya ini yakni menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dokumentasi, angket validasi, angket respon siswa serta wawancara. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket respon siswa, uji coba keefektifan eksternal, lembar validasi, dan lembar wawancara. Hasil validasi memperoleh skor 85 dengan kriteria sangat layak. Hasil persentase ketuntasan belajar siswa pada kelas eksperimen yakni 45% lebih efektif daripada kelas kontrol. Persentase respon positif siswa yaitu 94,25%. Berdasarkan data tersebut, maka efektivitas e-book berbasis kearifan lokal Jember dikatakan cukup efektif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107283
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository