Pengembangan E-book Berbasis Kearifan Lokal Jember untuk Peningkatan Keefektifan Hasil Belajar Tema 7 Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku pada Siswa Kelas IV di SDN Tegalrejo 01 Jember
Abstract
Penerapan kurikulum 2013 di SD berdampingan dengan bahan ajar berwujud buku guru dan buku siswa yang telah disediakan oleh pemerintah. Berdasarkan analisis buku siswa kelas IV SD pada tema 7 subtema 2 khususnya pembelajaran 5 dan 6 menunjukkan bahwa materi pembelajaran yang ada di dalamnya belum ada kearifan budaya lokal. Banyak siswa yang belum mengetahui keragaman apa saja yang ada di lingkungan sekitarnya. Perkembangan zaman dan ilmu teknologi yang terjadi saat ini menjadikan bahan ajar memiliki banyak variasi salah satunya adalah buku elektronik (e-book). E-book memberikan kesempatan kepada siswa untuk meningkatkan pendalaman materi, karena siswa tidak hanya membaca teks. E-book memuat video dan animasi yang menyebabkan siswa menjadi kian aktif dan mandiri saat belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses pengembangan e-book dan hasil pengembangan e-book berbasis kearifan lokal Jember yang efektif dan valid bagi tema 7 subtema 2 pada siswa kelas IV SDN Tegalrejo 01 Jember. Metode dalam penelitiannya ini yakni menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dokumentasi, angket validasi, angket respon siswa serta wawancara. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket respon siswa, uji coba keefektifan eksternal, lembar validasi, dan lembar wawancara. Hasil validasi memperoleh skor 85 dengan kriteria sangat layak. Hasil persentase ketuntasan belajar siswa pada kelas eksperimen yakni 45% lebih efektif daripada kelas kontrol. Persentase respon positif siswa yaitu 94,25%. Berdasarkan data tersebut, maka efektivitas e-book berbasis kearifan lokal Jember dikatakan cukup efektif.