dc.description.abstract | Motor listrik adalah piranti yang berguna untuk mengubah suatu energi
listrik menjadi suatu energi mekanik. Penggunaan motor listrik mengisi berbagai
aspek dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam penelitian, baik sebagai
generator maupun sebagai motor penggerak sistem, Motor listrik memiliki banyak
jenis, salah satunya ada motor listrik Universal. Motor universal dapat dioperasikan
dengan sumber tegangan bolak balik atau dengan tegangan arus searah. Motor
universal yang banyak digunakan memiliki perangkat pengendali yang berfungsi
untuk mengendalikan kecepatan yang akan dihasilkan oleh motor. Salah satu sistem
kendali yang dapat diterapkan adalah dengan mengatur daya input dengan
menggunakan AC Chopper.
Rangkaian AC Chopper akan mengendalikan kecepatan dengan cara
merubah nilai tegangan input yang digunakan dalam hal ini adalah motor Universal.
AC Chopper yang digunakan dalam penelitian ini berjenis Synchronous AC
Chopper terdiri dari 8 buah diode bertipe super-fast recovery rectifier diode dan 2
buah transistor IGBT bertipe FGH60N60 yang berfungsi mengendalikan perubahan
tegangan chopping berdasarkan input sinyal PWM. Rangkaian AC Chopper diatur
menggunakan Fuzzy Logic Controller sistem MISO (Multiple Input Single Output)
untuk mengendalikan kecepatan pada kestabilan 1000 RPM, serta menggunakan
sensor Optical Encoder LM393 sebagai feedback control pada sistem.
Pengujian dilakukan sebanyak tiga kali untuk mengetahui error dan besaran
nilai chopping tegangan yang dihasilkan oleh piranti AC Chopper. Terdapat juga
pengujian tanpa control dengan beban untuk mengetahui efisiensi dari perangkat
driver, serta dilakukan pengujian saat kondisi tanpa beban dan berbeban
menggunakan Fuzzy Logic Controller. Beban yang digunakan adalah sebuah
permanent magnet syncron generator yang dihubungkan dengan lampu 15 Watt.
Hasil dari pengujian yang telah dilakukan diperoleh nilai error terkecil
0,85% dan error terbesar 83,95% dengan error rata – rata sebesar 40,7% dan rata –
rata nilai pemangkasan tegangan sebesar 51,74 V pada kisaran dutycyle 7,8% - 94%
saat pengujian dengan 3 jenis nilai tegangan input yang berbeda. Nilai efisiensi
yang dihasilkan dari pengujian kontrol manual dengan beban permanent magnet
syncron generator memiliki rata – rata nilai 84,99% dengan range nilai dutycycle
52% hingga 80%. Pada pengujian sistem keseluruhan dengan nilai tegangan input
pada driver 135 V dan nilai setpoint dutycycle 50% dilakukan dua jenis pengujian,
tanpa beban dan berbeban. Saat pengujian tanpa beban kecepatan motor dapat stabil
di rentang 1000 RPM dengan dutycycle 9% - 10 % dengan nilai tegangan output 25
V hingga 28V dengan arus tanpa beban 0,34 A. Sedangkan saat pengujian kondisi
diberi beban permanent magnet syncron generator, kecepatan motor dapat stabil di
rentang 1000 RPM dengan dutycycle 90% hingga 91% dengan nilai tegangan output
128,13 V serta memiliki nilai arus 0,56 A.
Hasil dari pengujian sistem diketahui waktu yang dibutuhkan agar sistem
menghasilkan kecepatan steady state 1000 RPM adalah ±15 detik. Diketahui juga
bahwa hasil perbandingan efisiensi yang didapat dari Synchronous AC Chopper
berada di bawah dari efisiensi Basic AC Chopper yaitu 84,99% dengan 86,96%
dengan selisih tertinggi berada pada nilai dutycycle tertinggi. | en_US |