Show simple item record

dc.contributor.authorBOIMAN
dc.date.accessioned2022-06-24T07:07:05Z
dc.date.available2022-06-24T07:07:05Z
dc.date.issued2019-06-07
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107274
dc.descriptionValidasi unggah file repositori_Arini Sulistyoningrum Finalisasi unggah file repositori tanggal 24 Juni 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractPengaruh Penerapan Model Pembelajaran Literasi Informasi dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS, Boiman, 150220303005, 2019: ... halaman, Program Studi Magister Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Siswa SMP diharapkan memiliki keterampilan sosial dalam mengikuti perkembangan dunia global. Hal ini sejalan dengan tujuan pembelajaran IPS yang diantaranya adalah memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial. Untuk mewujudkan tercapainya tujuan tersebut dibutuhkan model pembelajaran yang memiliki pengaruh yang kuat dan sesuai dengan perkembangan jaman. Pokok permasalahan yang diteliti adalah adakah pengaruh penerapan model pembelajaran Literasi Informasi (PLI) dan model pemebelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Model rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah exsperimen. Jumlah peserta didik yang dijadikan sampel atau objek penelitian dalam penelitian ini adalah 2 rombel yang masing-masing terdiri dari 20 orang siswa Experimen pertama kedua kelas proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Literasi Informasi dengan materi Tema 3 dan experiment kedua proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan materi Tema 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil penghitungan statistik data Model Pembelajaran Literasi Informasi di kelas VIII A menunjukkan bahwa tingkat korelasi atau hubungan sebesar 0,733 atau positif 0,733 dengan signifikansi sebesar 0,000, Koefisien determinasi atau R Square sebesar 0,537. Koefisien regresi sebesar 0,883. Nilai t hitung adalah sebesar 4,567 lebih besar dari t tabel 2,101. Dengan demikian bahwa Model Pembelajaran Literasi Informasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Hasil Belajar peserta didik di Kelas VIII A. Data kelas VIII C menunjukan tingkat korelasi atau hubungan (R) sebesar 0,781 atau positif 0,781 dengan signifikansi 0,000. Koefisien determinasi atau R Square sebesar 0,610. Koefisien regresi sebesar 1,097. Nilai t hitung adalah sebesar 5,304 lebih besar dari t tabel 2,101, bahwa Model Pembelajaran Literasi Informasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Hasil Belajar peserta didik di Kelas VIII C. (2) Penghitungan statistik data Model Pembelajaran Problem Based Learning di kelas VIII A menunjukkan bahwa tingkat korelasi atau hubungan sebesar 0,645 atau positif 0,645 dengan signifikansi sebesar 0,002 < 0,05,. Koefisien determinasi atau R Square sebesar 0,416. Koefisien regresi sebesar 1,000. Nilai t hitung adalah sebesar 3,584 lebih kecil dari t tabel 2,101, yang berarti bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar di kelas VIII A. Statistik data Model Pembelajaran Problem Based Learning di kelas VIII C menunjukkan bahwa tingkat korelasi atau hubungan sebesar 0,760 atau positif 0,760 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05,. Koefisien determinasi atau R Square sebesar 0,577. Koefisien regresi sebesar 1,031. Nilai t hitung adalah sebesar 4,957 lebih besar dari t tabel 2,101, yang berarti bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh secara signifikan terhadap Hasil Belajar di kelas VIII C (3) Berdasarkan pengujian yang dilakukan dengan menggunakan One Way ANOVA ditemukan bahwa signifikansi sebesar 0,985 atau lebih besar dari 0,05. Fhitung sebesar 0,050, sementara itu nilai Ftabel sebesar 2,72. Dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak ada perbedaan signifikan pada hasil belajar melalui model pembelajaran Literasi Informasi dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: Dari dua kelas yang dijadikan responden dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Literasi Informasi dan Model Pembelajaran Problem Based Learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Hasil Belajar. Dan ditemukan tidak adanya perbedaan signifikan pada hasil belajar melalui model pembelajaran Literasi Informasi dengan Model Pembelajaran Problem Based Learningen_US
dc.description.sponsorshipDr. Mohammad Na’im, M.Pd (Dosen Pembimbing) Dr. Nurul Umamah, M.Pd. (Dosen Pembimbing)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.subjectLiterasi Informasien_US
dc.titlePengaruh Penerapan Model Pembelajaran Literasi Informasi dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPSen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record