dc.description.abstract | Motivasi belajar merupakan dorongan bagi siswa yang sangat
mempengaruhi proses serta hasil belajarnya. Salah satu faktor yang mendorong
siswa untuk aktif dalam belajar ialah motivasi belajar pada diri siswa. Jika siswa
memiliki motivasi tinggi, maka siswa tersebut nantinya akan dapat meraih tujuan
yang ingin dicapai, dan begitu pula sebaliknya. Sehingga untuk meraih hasil
belajar yang maksimal, tentunya harus ada faktor pendorong agar siswa
mempunyai semangat dalam belajar.
Perkembangan dunia teknologi dapat memberikan kemudahan dan inovasi
bagi guru untuk proses pembelajaran. Guru dan siswa dapat memanfaatkan
berbagai macam bentuk teknologi untuk dapat menunjang kegiatan belajar, salah
satunya ialah menggunakan teknologi buku digital yang dapat diakses melalui
telepon pintar (smartphone). Kehadiran buku digital mempermudah siswa untuk
menelaah materi pembelajaran yang masih kurang dimengerti kapanpun dan di
manapun siswa berada. Pada dasarnya buku digital merupakan elektronik dalam
versi teks yang dapat dibaca pada smartphone, layar desktop atau laptop, PDA
(Personal Digital Assistant) dan perangkat portabel lainnya. Buku digital dapat
digunakan dalam berbagai format file dan dapat ditambahkan dengan fitur lain,
seperti hyperlink. Selain itu, buku digital juga dapat mencakup komentar yang
berguna bagi guru ataupun siswa untuk menambahkan catatan tambahan di
dalamnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan buku digital untuk
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XII IPS 3 SMAN Pakusari
Jember (studi kasus pada mata pelajaran ekonomi materi jurnal penyesuaian pada
perusahaan dagang semester genap tahun ajaran 2019/2020). Metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi,
metode tes, metode wawancara dan metode dokumen. Penelitian ini menggunakan
analisis deskriptif kualitatif, di mana hasil pelaksanaan tindakan akan dipaparkan
dalam bentuk deskripsi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata indikator
motivasi belajar siswa dalam kategori sedang. Pada siklus I indikator motivasi
belajar siswa skor rata-rata pertemuan I mencapai 3,3 dan skor rata-rata pada
pertemuan II mencapai 3,4 sehingga dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata
motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 3,4 pada kategori sedang. Setelah
melaksanakan siklus I dengan hasil yang kurang maksimal, maka peneliti
melanjutkan penelitian pada siklus II untuk memantapkan hasil penelitian. Hasil
penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dalam indikator
motivasi belajar siswa yakni sebesar 1,1. Pada siklus II menunjukkan bahwa
motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi jurnal penyesuaian
perusahaan dagang dengan menggunakan buku digital mencapai rata-rata 3,3 pada
kategori tinggi. Sehingga nilai akhir yang didapat dari hasil tes pada mata
pelajaran ekonomi materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang dengan
menggunakan buku digital mencapai skor rata-rata 88,0 dan ketuntasan klasikal
mencapai 96,8%.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa
penggunaan buku digital dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa
kelas XII IPS 3 SMAN Pakusari Jember pada mata pelajaran ekonomi materi
jurnal penyesuaian pada perusahaan dagang tahun ajaran 2019/2020. Peningkatan
motivasi belajar siswa dapat dilihat dari skor rata-rata motivasi belajar sebelum
tindakan sebesar 1,8 pada kategori rendah, kemudian mengalami peningkatan
pada siklus I sebesar 2,6 menjadi 3,4 pada kategori sedang. Setelah dilakukan
perencanaan dan perbaikan pembelajaran, pada siklus II rata-rata skor motivasi
belajar menjadi sebesar 4,5 pada kategori sangat tinggi. | en_US |