• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Etnomatematika pada Aktivitas Pembuatan Batik Motif Tembakau di Rumah Produksi Batik Nhora Pangestu Ambulu sebagai Bahan Paket Soal Tes

    Thumbnail
    View/Open
    Endah Dwi Cahyanti-160210101050.pdf (5.516Mb)
    Date
    2020-08-03
    Author
    CAHYANTI, Endah Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika memiliki peranan penting dalam seluruh aspek kehidupan manusia sehari-hari. Dalam pembelajaran matematika perlu dikaitkan dengan permasalahan kontekstual yang terdapat di lingkungan masyarakat. Etnomatematika adalah matematika yang dipraktikkan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari seperti konsep matematika yang belum disadari oleh masyarakat itu sendiri. Oleh karena itu, sangat penting bila konsep-konsep matematika dikaitkan dengan kebudayaan yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali etnomatematika pada aktivitas pembuatan batik motif tembakau dan menghasilkan bahan paket soal tes. Penelitian ini dilakukan di Desa Tutul Tegalsari Kecamatan Ambulu Jember terhadap masyarakat yang berprofesi sebagai pembatik. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa etnomatematika pada aktivitas pembuatan batik motif tembakau oleh pembatik yakni aktivitas menghitung, aktivitas mengukur, dan aktivitas mendesain. Etnomatematika pada aktivitas menghitung muncul di beberapa kegiatan saat proses pembuatan batik diantaranya ketika pembatik menghitung alat dan bahan yang digunakan untuk sehelai, menghitung kebutuhan malam untuk mencanting atau mengecap, dan menghitung banyaknya warna yang digunakan dalam sehelai kain. Etnomatematika lain yang muncul yaitu ketika mencampur warna dengan perbandingan 1 liter air dengan 30 gram pewarna bubuk maka dalam aktivitas ini muncul konsep perbandingan senilai. Etnomatematika selanjutnya ketika menghitung kebutuhan waterglass pada proses penguncian warna, menghitung kebutuhan air pada saat “nglorod”, menghitung banyaknya motif dalam sehelai kain, menghitung peletakan cap pada kain, dan menghitung banyaknya cap pada kain. Etnomatematika pada aktivitas mengukur juga muncul di beberapa kegiatan dalam membatik diantaranya ketika pembatik mengukur sehelai kain yang dibutuhkan. Pada saat mengukur pencampuran waterglass dengan air dengan ukuran 1 3 dari banyaknya waterglass terdapat etnomatematika berupa perbandingan senilai. Etnomatematika lainnya seperti membuat pola/desain batik dengan terlebih dahulu melipat kertas kemudian untuk menggambar pada kain hanya perlu digeser ke bawah dan ke samping untuk satu motif dapat diputar, selain mengukur juga terdapat konsep matematika seperti translasi dan rotasi. Etnomatematika mengukur lainnya muncul ketika mengukur garis tepi pada kain batik, mengukur ukuran cap yang digunakan, dan mengecap pada kain agar simetris. Etnomatematika pada aktivitas mendesain juga muncul di beberapa kegiatan dalam membatik diantaranya ketika pembatik mendesain pola/desain pada kertas HVS dan kalkir, membuat pola/desain pada kain, dan meletakkan posisi cap pada kain. Adapun pesanan batik dengan pola baju untuk satu helai kain terdapat 3 bagian. Bagian tengah digunakan untuk punggung dan pinggir digunakan untuk bagian depan. Terdapat beberapa pola saat meletakkan posisi cap pada kain seperti cap diletakkan tegak, miring, tidur, dan selang-seling. Produk hasil penelitian ini adalah bahan paket soal tes. Paket soal tes yang dihasilkan menggambarkan beberapa etnomatematika pada aktivitas pembuatan batik seperti aktivitas menghitung, aktivitas mengukur, dan aktivitas mendesain. Paket soal tes ditujukan untuk siswa kelas IX semester genap. Paket soal tes yang telah disusun akan dikonsultasikan kepada pembimbing selanjutnya akan dilakukan validasi oleh dua dosen pendidikan matematika Universitas Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107227
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15544]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository