• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Quantum Teaching Berbasis Blended Learning Menggunakan E-Learning terhadap Retensi dan Hasil Belajar Biologi Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    Dzikry Maghfirah - 140210103005.pdf (8.656Mb)
    Date
    2021-01-20
    Author
    MAGHFIRAH, Dzikry
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan adalah upaya untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia. Tinggi rendahnya hasil belajar dipengaruhi oleh cara mengajar guru, penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat mendorong tumbuhnya rasa senang siswa terhadap suatu materi sehingga akan berdampak pada hasil belajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Quantum teaching mampu meningkatkan prestasi belajar siswa, karena memberikan suasana pembelajaran yang berbeda dimana guru membuat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Proses pembelajaran ini dilakukan di dalam kelas langsung (secara face-to-face), pembelajaran yang dilakukan dengan face-to-face secara terus menerus dapat memberikan dampak seperti siswa menjadi jenuh dan hal tersebut dapat menurunkan hasil belajar siswa. Solusi alternatif yang dapat digunakan untuk mengurangi dampak tersebut adalah dengan menggunakan Blanded learning, dimana model ini mengkombinasikan pembelajaran secara tatap muka dengan pembelajaran online. Data yang hasil observasi menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran biologi, guru menggunakan metode konvensional seperti ceramah dan diskusi. Materi ekosistem adalah salah satu materi yang cukup kompleks sehingga mengharuskan siswa memahami konsep yang ada. Melalui teknik yang tepat hal orang dapat mengoptimalkan daya ingatnya sehingga dapat memproses dan mengakses informasi dengan mudah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model Quantum Teaching berbasis Blended Learning menggunakan E-Learning terhadap Retensi dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuasi eksperimental, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching berbasis Blended Learning di kelas eksperimen dengan jumlah siswa 31 dan pembelajaran konvensional di kelas kontrol dengan jumlah siswa 29. Hasil belajar yang dianalisis meliputi aspek pengetahuan dan sikap. Penilaian hasil belajar siswa ranah pengetahuan diukur dengan pre-test dan post-tets kemudian diuji dengan menggunakan uji homogenitas dan anakova. Hasil belajar siswa ranah sikap diukur dengan cara observasi kelas dan diuji dengan uji homogenitas dan uji t. Adapun retensi hasil belajar diukur dengan menggunakan post-test dan tes retensi yang dilaksanakan 2 minggu setelah post-test, kemudian di analisis dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis anakova pengaruh model Quantum Teaching berbasis Blended Learning menggunakan E-Learning berpengaruh secara tidak signifikan terhadap hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen (p = 0,519) dengan selisish rerata kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 31,58 dibandingkan dengan rerata kelas kontrol yaitu 26,76. Berdasarkan hasil uji t pada hasil belajar aspek sikap siswa menunjukkan pengaruh secara sigifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen (p = 0,40) dengan nilai rerata kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 85,03 dibanding dengan rerata kelas kontrol yaitu 81,48. Berdasarkan hasil analisis anakova menunjukkan bahwa model Quantum Teaching berbasis Blended Learning menggunakan ELearning berpengaruh secara signifikan terhadap retensi hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (p = 0,000) dengan rerata kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 74,39 dan rerata kelas kontrol 67,55. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu model Quantum Teaching berbasis Blended learning menggunakan Elearning berpengaruh secara tidak signifikan terhadap hasil belajar pengetahuan siswa dan berpengaruh secara signifikan pada retensi siswa. Hasil penelitian memberikan alternative pemelajaran untuk guru dan sebaiknya guru membiasakan penggunaan model pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan dalam pembelajaran. Penggunaan model Quantum Teaching berbasis Blended Learning menggunakan E-learning sebaiknya guru mempersiapkan dari awal segala kebutuhan yang dibutuhkan dalam pembelajaran dengan baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107226
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15544]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository