Manajemen Pengembangan Karier Tenaga Pendidik di TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember
Abstract
Pengembangan karier tenaga pendidik merupakan program kegiatan yang
diikuti oleh tenaga pendidik untuk mempersiapkan diri menduduki jabatan yang
lebih tinggi. Program pengembangan karier tenaga pendidik di TK Darus Sholah
dilaksanakan setiap tahun dengan mengadakan pelatihan kepada guru,
mengikutsertakan guru dalam organisasi IGTKI sehingga dapat menambah
keterampilan dan pengetahuan guru. Pelatihan di TK Darus Sholah dilakukan
setiap tahun contohnya dengan mengadakan pelatihan karya tulis ilmiah yang
dapat membantu guru mengembangkan karier sebagai tenaga pendidik.
Rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
“Bagaimanakah manajemen pengembangan karier tenaga pendidik di TK Darus
Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember?”. Tujuan dari penelitian ini
yaitu untuk mendeskripsikan manajemen pengembangan karier tenaga pendidik di
TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan
pada bulan Februari sampai September di TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates
Kabupaten Jember. Sumber data penelitian ini diperoleh dari sumber data utama
yaitu guru dan sumber data pendukung yaitu Kepala sekolah. Metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di TK Darus Sholah
Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember dengan Judul “Manajemen
Pengembangan Karier Tenaga Pendidik di TK Darus Sholah Kecamatan
Kaliwates Kabupaten Jember” diperoleh bahwa secara keseluruhan tahapan
manajemen pengembangan karier tenaga pendidik di TK Darus Sholah telah
terealisasikan dengan baik namun terdapat beberapa tahapan dalam evaluasi
manajemen pengembangan karier tenaga pendidik yang belum terealisasikan di
TK Darus Sholah jika dibandingkan dengan teori supervisi dan evaluasi
manajemen pengembangan karier karena terdapat beberapa hal dalam aspek
supervisi yang masih belum dilaksanakan di TK Darus Sholah.
Perencanaan manajemen pengembangan karier tenaga pendidik di TK
Darus Sholah dilakukan pada saat awal tahun ajaran. Perencanaan dilakukan
dengan mengadakan rapat intern yang diikuti oleh Kepala sekolah dan guru di TK
Darus Sholah. Rapat intern membahas tentang anggaran biaya yang akan
digunakan selama satu tahun ajaran, program kegiatan sekolah yang akan diikuti
oleh wali murid, tenaga pendidik, dan siswa-siswi TK Darus Sholah.
Pengorganisasian manajemen pengembangan karier tenaga pendidik di TK Darus
Sholah dilakukan dengan membentuk struktur organisasi sekolah. Struktur
organisasi sekolah meliputi waka kurikulum, waka kesiswaan, waka perpustakaan,
waka sarpras, dan waka humas. Pelaksanaan manajemen pengembangan karier
tenaga pendidik di TK Darus Sholah dengan mengikutsertakan guru dalam
organisasi IGTKI (Ikatan Guru Taman Kanak-kanak) dan PGTKMNU
(Perkumpulan Guru TK Muslimat NU). Tenaga pendidik di TK Darus Sholah
sebagian besar telah memiliki sertifikat mengajar dan memiliki NUPTK. TK
Darus Sholah setiap tahun mengadakan program pelatihan untuk tenaga pendidik
seperti pelatihan tentang karya tulis ilmiah yang ditujukan kepada guru-guru
kelompok A dan B di TK Darus Sholah. Evaluasi manajemen pengembangan
karier tenaga pendidik di TK Darus Sholah dilakukan dengan mengadakan rapat
evaluasi yang dilakukan di akhir semester dengan mengadakan rapat yang diikuti
oleh guru di TK Darus Sholah.
Saran yang diberikan dari hasil penelitian ini yaitu untuk sekolah
diperlukan adanya peningkatan hubungan, dukungan, dan arahan yang baik antara
Kepala sekolah dengan setiap guru di TK Darus Sholah. Bagi tenaga pendidik
diperlukan adanya upaya untuk mengembangkan diri dengan terus belajar dan
berlatih dengan demikian pengembangan karier dapat bertambah dengan baik.