• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Pembelajaran IPA

    Thumbnail
    View/Open
    REPOSITORY_MARSELA NOVIANTI_FKIP.pdf (3.773Mb)
    Date
    2022-03-24
    Author
    NOVIANTI, Marsela
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan pembelajaran dimana siswa berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran seperti melakukan percobaan, pengamatan serta bereksperimen, sehingga terbentuk sikap ilmiah siswa yang digunakan untuk mengenali gejala-gejala alam dan pada akhirnya mampu untuk menjaga kestabilan alam. Ciri khas dalam pembelajaran IPA yaitu melakukan kegiatan kerja ilmiah untuk menghasilkan produk dan proses yang pada akhirnya akan memunculkan keterampilan berpikir serta keterampilan berpikir kritis siswa selama melaksanakan pembelajaran IPA. Berpikir kritis sebagai salah satu keterampilan yang memungkinkan seseorang untuk menganalisis informasi serta menyatukan informasi untuk memecahkan masalah pada cakupan tertentu. Rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu kurangnya penggunaan bahan ajar yang sesuai dalam pembelajaran. Untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, salah satunya dengan melakukan pengembangan bahan ajar siswa yaitu dengan mengembangkan e-modul berbasis Problem Solving. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan e-modul berbasis Problem Solving untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada pembelajaran IPA. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), serta evaluation (evaluasi). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket untuk uji validitas dan respon siswa, observasi untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, dan tes untuk mengetahui keefektifan bahan ajar e-modul, serta dokumentasi untuk mendokumentasikan penelitian. Hasil validasi e-modul berbasis Problem Solving yang telah dinyatakan sangat valid dengan persentase 84%. Kemudian diimplementasikan didalam pembelajaran materi sistem peredaran darah pada manusia kelas VIII E di SMPN 1 Jember sebanyak tiga kali pertemuan. Kepraktisan pembelajaran menggunakan emodul berbasis Problem Solving mendapatkan rata-rata mendapatkan nilai rata-rata persetase dari Observer 1 sebesar 93%, dari observer 2 sebesar 93%, dan dari Observer 3 sebesar 92 %, dari rata-rata tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa emodul berbasis Problem Solving dapat dikategorikan sangat praktis. Keefektivan e-modul berbasis Problem Solving dapat diketahui dari hasil perhitungan pretest dan posttest yang diukur menggunakan N-Gain. Rata-rata NGain yang didapatkan yaitu sebesar 0,45 dengan kriteria sedang, indikator keterampilan berpikir kritis dengan skor tertinggi didapatkan pada indikator inferensi dengan skor 0,71, kemudian evaluasi dengan skor 0,68, analisis dengan skor 0,63, interprestasi dengan skor 0,24, dan indikator yang mendapatkan skor terendah adalan eksplanasi dengan skor 0,02. Hasil angket respon siswa terhadap e-modul berbasis Problem Solving yaitu sebesar 91% dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan pada penelitian ini adalah validasi e-modul berbasis Problem Solving termasuk dalam kategori sangat valid, sehingga dapat diterapkan didalam pembelajaran. Kepraktisan e-modul berbasis Problem Solving mendapatkan nilai sangat praktis, yang artinya e-modul dapat dengan mudah diimplementasikan didalam pembelajaran pada materi sistem peredaran darah pada manusia kelas VIII. Kefektivan e-modul berbasis Problem Solving dapat dilihat dari peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang mendapatkan N-Gain dengan rata-rata sedang, dan hasil dari angket respon siswa yang mendapatkan kriteria sangat baik, sehingga e-modul efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107082
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository