Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Jember (Studi Kasus Umkm Sektor Kuliner di Kecamatan Sumbersari)
Abstract
Promosi merupakan kunci utama untuk menyebarkan informasi mengenai suatu usaha atau produk. Dewasa ini para pelaku UMKM memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi, hal ini dikarenakan media sosial memiliki jangkaun yang luas sehingga promosi yang dilakukan dengan memanfaakan media sosial dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pemanfaatan media sosial sebagai media promosi oleh UMKM di Kabupaten Jember. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa media sosial yang dimanfaatkan oleh UMKM untuk melakukan promosi diantaranya ialah Facebook, Whatsapp, Instagram dan Telegram. Masing-masing media sosial dimanfaatkan sesuai dengan fungsi dan fiturnya, media sosial Instagram dimanfaatkan sebagai tempat untuk mengunggah konten promosi berupa video, foto produk, poster, info pemesanan dan ulasan produk. Media sosial Facebook dimanfaatkan untuk menjangkau orang-orang yang berada dalam satu komunitas jual beli. Media sosial Whatsapp dan telegram dimanfaatkan sebagai media untuk melakukan komunikasi dua arah antara UMKM dan para konsumen.