Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Profitabilitas Perbankan Sebelum dan Selama Pandemi Covid-19
Abstract
Setiap perusahaan rela melakukan berbagai cara untuk mempertahankan eksistensinya. Perusahaan dituntut untuk mengembangkan hubungan sosial perusahaan kepada lingkungan, masyarakat, konsumen, dan pemegang saham (stakehoder). Hal tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan laba dengan mengimplementasikan Corporate Social Responsibility. Pandemi Covid-19 di Indonesia mengakibatkan dampak yang signifikan pada usaha di semua sektor, khususnya perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sub sektor perbankan termasuk ke dalam sektor jasa yang sangat terdampak pandemi. Pandemi Covid-19 mendorong perusahaan untuk ikut berpartisipasi dan berkomitmen dalam pengendalian masalah ekonomi masyarakat selama pandemi dengan memperhatikan kepentingan stakeholder. Dalam hal ini, pengungkapan Corporate Social Responsibility merupakan solusi dalam meningkatkan pemberdayaan dan pembangunan masyarakat selama pandemi. Pengungkapan CSR yang baik memiliki peran penting dalam menarik sinyal positif dari stakeholder. Tidak hanya itu, respon positif yang diberikan stakeholder berupa kepercayaan akan meningkatkan profitabilitas perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji dan menganalisis pengaruh yang diberikan CSR terhadap profitabilitas yang diproksikan dengan nilai Return On Equity (ROE). Metode yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Corporate Social Responsibility pada periode 2017 hingga 2020, sebelum pandemi, maupun selama pandemi Covid-19.