• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Permainan Zigzag Warna Terhadap Kemampuan Mengenal Warna pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Pertiwi Bondowoso Tahun Ajaran 2021/2022

    Thumbnail
    View/Open
    Devi doc.pdf (2.027Mb)
    Date
    2021-11-15
    Author
    KUMALASARI, Deviputri Diah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Anak usia dini merupakan sosok individu yang mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat cepat, bisa juga disebut dengan masa Golden Age (usia emas). Pada masa ini hampir seluruh potensi anak mengalami masa peka untuk tumbuh dan berkembang secara tepat dan hebat. Dasar dari perkembangan anak usia dini ini meliputi kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), fisik motorik (motorik halus dan motorik kasar), sosio emosional (sikap dan prilaku serta beragama), bahasa dan komunikasi. Pengenalan warna pada anak usia dini merupakan kemampuan kognitif khususnya dalam bidang visual. Kognitif sendiri merupakan proses berfikir yang berhubungan dengan kecerdasan anak. Berdasarkan observasi yang dilakukan di TK Pertiwi Bondowoso, telah diperoleh data bahwa kemampuan mengenal warna dikelompok A masih belum sepenuhnya berkembang baik. Hal ini dapat dilihat anak masih belum bisa menyebutkan warna dengan baik. Dari kelompok usia 4-5 tahun siswa di TK Pertiwi Bondowoso pada saat kegiatan pembelajaran ada anak yang masih raguragu dan tidak mau melakukan perintah guru, seperti anak tidak mau menunjuk, menyebut, dan mengelompokkan warna sehingga masih harus dibujuk dan dibantu guru. Salah satu cara untuk meingkatkan pengenalan warna pada anak usia 4 sampai 5 tahun di TK Pertiwi yaitu menggunakan permainan edukatif zigzag warna. Dalam permainan zigzag warna ini anak dapat mengelompokkan warna yang sama dan dapat membedakan warna. Permainan zigzag warna ini juga dapat mengembangkan beberapa kecerdasan lainnya dan juga tidak membuat anak bosan saat pembelajarannya berlangsung. Rumusan masalah penelitiannya yaitu “Adakah Pengaruh Permainan Zigzag Warna Terhadap Kemampuan Mengenal warna pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Periwi Kabupaten Bondowoso Tahun Ajaran 2021/2022?”. Tujuan dari Penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya “pengaruh permainan Zigzag Warna terhadap kemampuan mengenal warna pada anak usia 4-5 Tahun di TK Pertiwi Bondowoso Tahun Ajaran 2021-2022”. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan model non-equivalent control group design. Penelitian eksperimen merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penelitian dari suatu perlakuan (treatment) tertentu terhadap perubahan suatu kondisi atau keadaan (Mahsyud, 2014:13). Sumber data dalam penelitian diperoleh dari beberapa sumber sebagai berikut 1) Anak usia 4-5 tahun Kelompok A1 dan A2 di TK Pertiwi Bondowoso Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022 . 2) Guru di Kelompok A1 dan A2 di TK Pertiwi Bondowoso Berdasarkan dari hasil uji t-test yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa thitung sebesar 2, 727 hasil tersebut kemudian akan dikonsultasikan pada ttabel. Sehingga dapat diketahui df= n-2 maka df 19-2= 17 pada taraf signifikan 5% sehingga ttabel= 2, 100 dapat dikatakan bahwa thitung> ttabel 2,727 > 2,100. Berdasarkan dari hasil diatas dapat diketahui bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak sedangkan hipotesis alternating (Ha) diterima yang jika disimpulkan artinya ada pengaruh permainan zigzag warna terhadap kemampuan mengenal warna anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi Kabupaten Bondowoso. Saran yang dapat disampaikan oleh peneliti adalah guru dapat menjadikan sebuah permainan zigzag warna dalam penelitian ini sebagai salah satu sarana kegiatan agar dapat mengembangkan pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107032
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository