• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan Pecahan Siswa Kelas V SDN 1 Giri Kabupaten Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    Tugas Akhir_Novita Qurrota A'yuni_180210204047.pdf (5.562Mb)
    Date
    2022-03-21
    Author
    A’YUNI, Novita Qurrota
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Mempelajari matematika tidak terlepas dengan bilangan. Salah satu bagian dari klasifikasi bilangan adalah bilangan pecahan. Operasi hitung pada bilangan pecahan membutuhkan pemahaman konsep yang lebih mendalam dibandingkan dengan operasi hitung bilangan lainnya. Salah satu operasi hitung bilangan pecahan yaitu penjumlahan. Kesulitan pada materi penjumlahan pecahan dapat dilihat dari kesalahan yang dilakukan siswa biasanya proses menjumlahkan yang tidak mengikuti konsep penjumlahan pecahan, seperti menjumlahkan antara pembilang dengan pembilang dan penyebut dengan penyebut. Apabila penyebutnya masih berbeda, maka harus menyamakan penyebutnya terlebih dahulu agar dapat menyelesaikan penjumlahan pecahan. Siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal penjumlahan bilangan pecahan, terlihat dari hasil belajar operasi hitung bilangan pecahan yang masih rendah. Guru harus memahami kesulitan siswa dalam menerima materi khususnya dalam hal ini yaitu kesulitan siswa dalam memahami materi penjumlahan bilangan pecahan pada kelas V. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya berbagai kesalahan yang dilakukan siswa kelas V dalam menyelesaikan soal penjumlahan pecahan biasa. Kesulitan yang dialami siswa memungkinkan terjadinya kesalahan ketika siswa menjawab soal. Kesalahan tersebut perlu diidentifikasi dan dicari faktor yang dapat menyebakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Menelaah kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal penjumlahan pecahan di kelas V SDN 1 Giri Banyuwangi. (2) Menelaah penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal penjumlahan pecahan di kelas V SDN 1 Giri Banyuwangi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A SDN 1 Giri Banyuwangi dengan jumlah 28 siswa. Instrumen penelitian berupa soal tes dengan banyaknya soal adalah 5 butir. Metode pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan angket. Hasil wawancara dan angket dianalisis guna mengetahui penyebab siswa tersebut melakukan kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengalami kesulitan dapat dikategorikan kesulitan berhitung terdapat 1 siswa, kategori kesulitan menyamakan penyebut terdapat 7 siswa, dan kategori kesulitan memahami materi penjumlahan pecahan terdapat 2 siswa. Penyebab siswa yang mengalami kesulitan disebabkan oleh faktor siswa dan guru. Faktor yang disebabkan oleh siswa, ketika terdapat kesulitan tidak bertanya kepada guru dan ketika guru sedang menjelaskan materi yang sedang disampaikan siswa tidak memperhatikan. Faktor yang disebabkan oleh guru, tidak menggunakan media dan variasi mengajar guru yang terlihat monoton.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107026
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15324]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository