• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN ANTARA JENIS, KETEBALAN SERASAH, DAN VEGETASI TERHADAP KERAGAMAN COLLEMBOLA DI KAWASAN UNIVERSITAS JEMBER SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA TOPIK KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Nely Sa’adaniyah_1.pdf (266.7Kb)
    Date
    2013-12-19
    Author
    Nely Sa’adaniyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Serasah adalah guguran segala batang, cabang, daun, ranting, bunga, dan buah. Serasah memiliki peran penting karena merupakan sumber humus, yaitu lapisan tanah teratas yang subur. Serasah juga menjadi rumah dari serangga dan berbagai mikroorganisme lain (Wanabakti, 2008). Organisme tanah cukup baik sebagai bioindikator tanah karena memiliki respon yang sensitif terhadap praktek pengelolaan lahan dan iklim. Beberapa mikroartropoda tanah yaitu Akari dan Collembola mempunyai mulut yang mampu mencacah bahan organik sambil memakan mikroflora yang menempel pada detritus (Suwondo, 2001). Di Indonesia sudah beberapa kali dilakukan penelitian tentang pemanfaatan serasah, hanya saja variabel lokasi dan manfaat penelitiannya berbeda, sehingga penelitian ini dapat dijadikan sumber rujukan dalam bahan ajar di sekolah, yang disesuaikan dengan SK (Standar Kompetensi) dan KD (Kompetensi Dasar) pada silabus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara jenis, ketebalan, dan vegetasi serasah terhadap keragaman Collembola serta untuk mengetahui hubungan antara jenis, ketebalan serasah, dan vegetasi terhadap keragaman Collembola yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar biologi, pada topik keanekaragaman hayati di tingkat SMA kelas X semester 2. Penelitian ini dilakukan di tiga lokasi yang terdapat di Universitas Jember yaitu meliputi: lahan sebelah utara lapangan stadion, lahan sebelah utara gedung biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, serta lahan sebelah barat gedung KAUJE, adapun viii untuk uji produk dilakukan di tiga SMA di kabupaten Jember yaitu SMAN 1 Jember, SMAN 3 Jember, dan SMAN 1 Mumbulsari. Penelitian ini menggunakan desain Rancangan Acak Kelompok yang menggunakan halaman dan kebun yang berada di kawasan Universitas Jember, dengan menggunakan metode perangkap sumuran (PSM) untuk pengambilan sampel Collembola. Uji validasi produk menggunakan guru biologi SMA kelas X dan XI IPA serta siswa kelas XI IPA sebagai koresponden dengan menggunakan angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Indeks Shanon-Weaner, uji Korelasi Pearson dan dianalisis secara sederhana untuk mendapatkan rerata dan standar deviasi. Berdasarkan hasil penelitian tentang hubungan antara jenis, ketebalan serasah, dan vegetasi terhadap keragaman Collembola di kawasan Universitas Jember didapatkan hasil (r = -0,004) dan (p = 0,966) untuk jenis serasah terhadap keragaman Collembola, jumlah serasah (r = 0,05) dan (p = 0,563) terhadap keragaman Collembola, ketebalan serasah (r = 0,16) dan (p = 0,64) terhadap keragaman Collembola, serta jumlah vegetasi (r = 0,012) dan (p = 0,888) terhadap keragaman Collembola yang bermakna bahwa jumlah serasah, ketebalan serasah, dan jumlah vegetasi berhubungan tidak signifikan dengan keragaman Collembola. Adapun keragaman Collembola pada penelitian ini didapatkan hasil (Hˈ=0,642) pada seluruh lokasi penelitian yang menunjukkan keragaman jenis Collembola pada seluruh stasiun penelitian rendah. Collembola yang ditemukan terdiri dari satu dari genus Acrocyrtus, satu dari genus Entomobrya, dan satu dari genus Folsomia. Berdasarkan hasil uji produk berupa RPP (Rancangan Perencanaan Pembelajaran) dan LKS (Lembar Kerja Siswa) terhadap jenis, ketebalan serasah, dan vegetasi terhadap keragaman Collembola di kawasan Universitas Jember didapatkan hasil rerata 3,40 (± 1,03) yang bermakna baik, untuk uji produk LKS dengan responden guru memperoleh rerata 2,73 (± 0,79) yang bermakna baik, sedangkan untuk LKS dengan responden siswa memperoleh hasil rerata 2,80 (± 0,73) yang memiliki kriteria baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10702
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository