Analisis Proses Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menggambar Bebas pada Kelompok B di TK Melati Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Kreativitas pada anak meliputi kemampuan berpikir lancar (fluency) kemampuan mengemukakan berbagai gagasanl, kemampuan berpikir
luwes (flexibility) kemampuan berpikir original (originality), kemampuan berpikir memperinci (elaboration). Menggambar bebas
merupakan menggambar dengan alat gambar yang digunakan secara bebas mengungkapkan imajinasi, perasaan dan ekspresi tanpa ada
unsur paksaan melalui permainan tekstur warna, pola dan objek gambar. Kegiatan menggambar bebas di TK Melati dapat
mengembangkan kreativitas anak dalam belajar mencipta atau berkreasi, menuangkan idenya, serta merealisasikan dalam sebuat karya.
Jenis penellitian yang digunakan yaitu deskripstif kualitatif, yang dilakukan di TK Melati Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi
pada bulan Oktober-November 2021. Sumber data adalah 3 anak dengan kreativitas yang berbeda dan guru kelas. Metode pengumpulan
data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.