Pengaruh Cakupan dan Tone Pengungkapan Sustainability Report Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar dalam Indeks LQ 45 Tahun 2018-2020)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis: 1) Pengungkapan 
sustainability report aspek ekonomi, lingkungan, dan sosial terhadap nilai 
perusahaan; 2) Tone pengungkapan sustainability report aspek ekonomi, 
lingkungan, dan sosial terhadap nilai perusahaan. Populasi penelitian ini adalah 
perusahaan yang terdaftar dalam indeks LQ 45 tahun 2018-2020. Metode 
pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui website masing-masing 
perusahaan penelitian. Penelitian ini memiliki 54 sampel penelitian yang diambil 
menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis data dalam penelitian 
ini menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi 
linier berganda berupa uji F dan uji t, dan koefisisen dterminasi. Hasil penelitian 
menunjukkan bahwa pengungkapan sustainability report aspek ekonomi tidak 
berpengaruh, aspek lingkungan berpengaruh positif signifikan, dan aspek sosial 
berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Tone pengungkapan sustainability 
report aspek ekonomi tidak berpengaruh, aspek lingkungan berpengaruh positif 
signifikan, dan aspek sosial berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan.