Pengaruh Cakupan dan Tone Pengungkapan Sustainability Report Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar dalam Indeks LQ 45 Tahun 2018-2020)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis: 1) Pengungkapan
sustainability report aspek ekonomi, lingkungan, dan sosial terhadap nilai
perusahaan; 2) Tone pengungkapan sustainability report aspek ekonomi,
lingkungan, dan sosial terhadap nilai perusahaan. Populasi penelitian ini adalah
perusahaan yang terdaftar dalam indeks LQ 45 tahun 2018-2020. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui website masing-masing
perusahaan penelitian. Penelitian ini memiliki 54 sampel penelitian yang diambil
menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis data dalam penelitian
ini menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi
linier berganda berupa uji F dan uji t, dan koefisisen dterminasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pengungkapan sustainability report aspek ekonomi tidak
berpengaruh, aspek lingkungan berpengaruh positif signifikan, dan aspek sosial
berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Tone pengungkapan sustainability
report aspek ekonomi tidak berpengaruh, aspek lingkungan berpengaruh positif
signifikan, dan aspek sosial berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan.