PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PEMBELAJARAN IPS MATERI SEMANGAT KEPAHLAWANAN DAN CINTA TANAH AIR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTION) DI SDN MUMBULSARI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012.
Abstract
Penelitian  ini  dilatarbelakangi  oleh  hasil  observasi  yang  menunjukkan
motivasi dan  hasil belajar siswa  SDN Mumbulsari 01 masih  rendah.  Faktor
penghambat  siswa  untuk  memahami  soal  dan  materi  yang  diberikan  guru adalah
metode  pembelajaran  yang kurang  bervariasi dan  aktivitas guru paling  banyak
mendominasi  dalam  proses  pembelajaran. Akibatnya  siswa  menjadi  pasif  sehingga
siswa malas belajar yang menyebabkan hasil belajarnya rendah. Berdasarkan hasil tes
pendahuluan  pada  observasi  awal  dengan  ketuntasan  belajar  secara  klasikal  sebesar
25%  sedangkan  rata-rata  kelas  hanya  mencapai 60,6 (dibawah kriteria ketuntasan
minimal yang ditentukan sekolah yaitu 65). Oleh karena itu perlu dilaksanakan model
pembelajaran  yang  dapat  menumbuhkan motivasi belajar,  motivasi dapat
ditumbuhkembangkan  dengan  menciptakan  pembelajaran  yang  aktif,  cara  yang
kreatif  dan  kondisi  yang  menyenangkan.  Berkenaan  dengan  hal  itu,  maka
dikembangkan  suatu  model  pembelajaran  yang  disebut  dengan  model  pembelajaran
ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment dan Satisfaction).” Penelitian ini
dilakukan  dengan  merumuskan  masalah  bagaimanakah  peningkatan motivasi dan
hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS  materi semangat kepahlawanan
dan  cinta  tanah  air  melalui  model    pembelajaran  ARIAS  di  SDN  Mumbulsari  01
tahun  pelajaran  2011/2012.  Tujuan  yang  ingin  dicapai  dalam  penelitian  ini  adalah
untuk  meningkatkan motivasi dan  hasil  belajar  siswa  kelas  IV dalam  pembelajaran
IPS  materi semangat kepahlawanan dan cinta tanah air melalui model  pembelajaran
ARIAS di SDN Mumbulsari 01 tahun pelajaran 2011/2012.Jenis  penelitian  ini  adalah  Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK).  Penelitian
dilaksanakan di SDN Mumbulsari  01  Kecamatan  Mumbulsari  Kabupaten  Jember.
Subjek  penelitiannya  adalah  siswa  kelas  IV semester  ganjil tahun pelajaran
2011/2012 sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 6 siswa perempuan dan 18 siswa laki-
laki.  Metode  pengumpulan  data  yang  digunakan  adalah  wawancara,  tes, observasi,
dan  dokumentasi.  Peneliti  dibantu  oleh 3 observer.  Penelitian  dilaksanakan  mulai
tanggal  4 Juli 2011 sampai  tanggal 12 November 2011.  Penelitian  dilaksanakan
dalam  dua  siklus  dan  setiap  siklus  terdiri  dari  dua  kali  pertemuan.  Hal-hal  yang
dilakukan  pada  setiap  siklus  adalah  perencanaan,  tindakan,  observasi,  dan  refleksi.
Analisis data dalam penelitian ini mengggunakan analisis data statistik deskriptif.
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  penerapan  pembelajaran dengan  Model
pembelajaran    ARIAS dapat  meningkatkan  motivasi  dan  hasil  belajar  siswa  pada
kelas  IV SDN Mumbulsari  01  Jember.  Peningkatan  motivasi  dapat  dilihat  dari  skor
rata-rata yang diperoleh setelah diterapkan pembelajaran dengan model pembelajaran
ARIAS,  motivasi  belajar  siswa  meningkat  pada  siklus  I  dengan  skor  rata-rata 2,2
dengan  kriteris  sedang dan  pada  siklus  II  skor  rata-rata  motivasi  siswa  semakin
meningkat    menjadi 2,54  dengan  kriteria  tinggi .  Berdasarkan  hasil  tersebut,  dengan
diterapkannya model  pembelajaran  ARIAS motivasi  belajar  siswa  dapat  meningkat
dari  kriteria sedang meningkat  menjadi  tinggi. Hasil  belajar  siswa secara  klasikal
hanya  mencapai 25% yang  menunjukkan  kurang  dari  SKM  yang  telah  ditentukan.
Setelah diterapkan model pembelajara ARIAS, hasil belajar siswa mendapat rata-rata
79,8% pada  siklus  I  dan  pada  siklus  II  meningkat  lagi  menjadi  87,5%. Berdasarkan
hasil tersebut, dengan diterapkannya model pembelajaran ARIAS dapat memperbaiki
proses  pembelajaran,  yaitu  meningkatkan  motivasi  dan  hasil  belajar  siswa kelas  IV
dalam pembelajaran IPS  materi semangat kepahlawanan dan cinta tanah air melalui
model    pembelajaran  ARIAS  di  SDN  Mumbulsari  01 tahun  pelajaran  2011/2012.
Berdasarkan  hasil  penelitian  tentang  penerapan  model  pembelajaran  ARIAS    pada
