PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PEMBELAJARAN IPS MATERI SEMANGAT KEPAHLAWANAN DAN CINTA TANAH AIR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTION) DI SDN MUMBULSARI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang menunjukkan
motivasi dan hasil belajar siswa SDN Mumbulsari 01 masih rendah. Faktor
penghambat siswa untuk memahami soal dan materi yang diberikan guru adalah
metode pembelajaran yang kurang bervariasi dan aktivitas guru paling banyak
mendominasi dalam proses pembelajaran. Akibatnya siswa menjadi pasif sehingga
siswa malas belajar yang menyebabkan hasil belajarnya rendah. Berdasarkan hasil tes
pendahuluan pada observasi awal dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar
25% sedangkan rata-rata kelas hanya mencapai 60,6 (dibawah kriteria ketuntasan
minimal yang ditentukan sekolah yaitu 65). Oleh karena itu perlu dilaksanakan model
pembelajaran yang dapat menumbuhkan motivasi belajar, motivasi dapat
ditumbuhkembangkan dengan menciptakan pembelajaran yang aktif, cara yang
kreatif dan kondisi yang menyenangkan. Berkenaan dengan hal itu, maka
dikembangkan suatu model pembelajaran yang disebut dengan model pembelajaran
ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment dan Satisfaction).” Penelitian ini
dilakukan dengan merumuskan masalah bagaimanakah peningkatan motivasi dan
hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS materi semangat kepahlawanan
dan cinta tanah air melalui model pembelajaran ARIAS di SDN Mumbulsari 01
tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah
untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran
IPS materi semangat kepahlawanan dan cinta tanah air melalui model pembelajaran
ARIAS di SDN Mumbulsari 01 tahun pelajaran 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian
dilaksanakan di SDN Mumbulsari 01 Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember.
Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV semester ganjil tahun pelajaran
2011/2012 sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 6 siswa perempuan dan 18 siswa laki-
laki. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes, observasi,
dan dokumentasi. Peneliti dibantu oleh 3 observer. Penelitian dilaksanakan mulai
tanggal 4 Juli 2011 sampai tanggal 12 November 2011. Penelitian dilaksanakan
dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hal-hal yang
dilakukan pada setiap siklus adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Analisis data dalam penelitian ini mengggunakan analisis data statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan Model
pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada
kelas IV SDN Mumbulsari 01 Jember. Peningkatan motivasi dapat dilihat dari skor
rata-rata yang diperoleh setelah diterapkan pembelajaran dengan model pembelajaran
ARIAS, motivasi belajar siswa meningkat pada siklus I dengan skor rata-rata 2,2
dengan kriteris sedang dan pada siklus II skor rata-rata motivasi siswa semakin
meningkat menjadi 2,54 dengan kriteria tinggi . Berdasarkan hasil tersebut, dengan
diterapkannya model pembelajaran ARIAS motivasi belajar siswa dapat meningkat
dari kriteria sedang meningkat menjadi tinggi. Hasil belajar siswa secara klasikal
hanya mencapai 25% yang menunjukkan kurang dari SKM yang telah ditentukan.
Setelah diterapkan model pembelajara ARIAS, hasil belajar siswa mendapat rata-rata
79,8% pada siklus I dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 87,5%. Berdasarkan
hasil tersebut, dengan diterapkannya model pembelajaran ARIAS dapat memperbaiki
proses pembelajaran, yaitu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV
dalam pembelajaran IPS materi semangat kepahlawanan dan cinta tanah air melalui
model pembelajaran ARIAS di SDN Mumbulsari 01 tahun pelajaran 2011/2012.
Berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan model pembelajaran ARIAS pada