Pengembangan E-LKPD pada Materi Energi dalam Sistem Kehidupan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP
Abstract
Keterampilan berpikir kreatif merupakan kebiasaan melatih fikiran
dengan memperhatikan imajinasi, mengungkap kemungkinan baru, dan intuisi.
Keterampilan berpikir kreatif merupakan unsur pembangun yang harus didalami.
Keterampilan berpikir kreatif merupakan hal yang perlu dilatih dan
dikembangkan dalam proses pembelajaran. Faktanya keterampilan berpikir
kreatif siswa belum sesuai dengan yang diharapkan dan perlu ditingkatkan. Hal
tersebut dibuktikan dengan beberapa penelitian yang terkait keterampilan beprikir
kreatif siswa. Keterampilan berpikir kreatif siswa yang rendah dapat disebabkan
karena dalam pembelajaran siswa belum terlibat secara aktif. Siswa hanya
mendapatkan materi dari apa yang diberikan oleh guru dan kurang leluasa
mengembangkan idenya sehingga hal ini menyebabkan rendahnya berpikir
kreatif siswa.
Untuk mengembangkan keterampilan berpikir siswa dapat dilakukan
dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sehingga siswa dapat
memahami konsep pada materi IPA dan aktif dalam pembelajaran. Melalui
LKPD ini memungkinkan siswa dapat meningkatkan keterampilan berpikir
kreatifnya karena meminimalkan peran guru sebagai pendidik dan lebih
memaksimalkan peran siswa dalam pembelajaran. Upaya yang telah dilakukan
masih menggunakan LKPD konvensional, sedangkan adanya kemajuan teknologi
di era golbalisasi ini menuntut inovasi baru dalam tampilan LKPD. Kondisi
pandemi saat ini juga mengakibatkan pembelajaran seringkali dilakukan secara
daring (dalam jaringan) yang mengakibatkan aktivitas belajar siswa lebih banyak
menggunakan jaringan internet. Untuk mengatasi permasalahan tersebut
diperlukan adanya penyusunan perangkat pembelajaran salah satunya E-LKPD.
Proses pembelajaran menggunakan ELKPD dapat berlangsung lebih efektif.
Materi yang digunakan yaitu energi dalam sistem kehidupan karena materi ini
materi ini menuntut siswa untuk terbiasa mengembangkan gaya berpikir untuk
berpikir kreatif sehingga dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.
Tujuan dalam penelitian yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan
validitas, kepraktisan, dan efektivitas E-LKPD pada materi energi dalam sistem
kehidupan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan
menggunakan model pengembagan Nieveen yang meliputi (1) preliminary
research; (2) prototyping stage; dan (3) assessment stage. Tahap preliminary
research dilakukan analisis masalah dan pengembangan konseptual berdasarkan
literatur dan penelitian terdahulu. Selanjutnya adalah tahap prototyping stage
yang menghasilkan rancangan pertama tahap pengembangan. Produk E-LKPD
dinilai kevalidannya oleh validator yaitu 3 guru MTs Negeri 1 Jember. Validasi
ahli dilakukan oleh dua dosen pendidikan IPA. Skor rata-rata yang diperleh dari
validator adalah 86% degan kategori sangat valid.
Tahap assesment stage dilakukan dengan melakukan uji coba lapangan
dengan sampel 29 siswa kelas VII C MTs Negeri 1 Jember. Proses pembelajaran
dilakukan selama tiga kali pertemuan. Data yang diperoleh adalah data
keterlaksanaan pembelajaran dan hasil tes siswa. Keterlaksanaan pembelajaran
menggunakan E-LKPD memperoleh presentase sebesar 90%, kategori sangat
praktis. Tes digunakan untuk mengetahui efektivitas E-LKPD terhadap
peningkatan keterampilan berpikir kreatif. Berdasarkan hasil analisis, diketahui
bahwa nilai N-gain adalah 0.57 atau dalam kriteria sedang. Selain tes juga
terdapat respon siswa. Respon siswa terhadap E-LKPD terbagi menjadi
pernyataan positif dengan presentase 90% kategori sangat tinggi dan pernyataan
negatif dengan rata-rata 35% kategori kurang.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD yang
dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid dan layak digunakan dalam
pembelajaran. Kepraktisan E-LKPD dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran
termasuk dalam kategori sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa E-LKPD
yang dikembangkan praktis digunakan dalam pembelajaran. E-LKPD pada
materi energi dalam sistem kehidupan efektif untuk meningkatkan keterampilan
berpikir kreatif siswa