Proses Berpikir Kritis Siswa Truth-Seekers SMA Negeri 1 Jember dalam Menyelesaikan Permasalahan dengan Informasi Kontradiksi Pada Materi Trigonometri Berdasarkan Teori Mekanisme dan Struktur Mental
Abstract
Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan proses berpikir kritis siswa truth-seekers dalam menyelesaikan permasalahan dengan informasi yang kontradiksi berdasarkan teori mekanisme dan struktur mental kemudian (2) mendesain pembelajaran yang dapat membiasakan siswa berperilaku truth-seeking yang didasarkan oleh teori mekanisme dan struktur mental. Subjek penelitian ini adalah siswa truth-seekers SMPN 7 Jember. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, observasi dan wawancara. Soal tes yang diberikan adalah soal tipe Problem With Contradictory Information. Observasi dilakukan secara bersamaan dengan pemberian tes untuk melihat aktivitas siswa dalam pengerjaan soal. Wawancara dilakukan untuk menggali informasi lebih dalam proses berpikir kritis siswa truth-seekers berdasarkan mekanisme dan struktur mental. Hasil dari penelitian yaitu siswa yang melakukan truth-seeking dalam penelitian ini membangun mekanisme mental yang terdiri dari interiorisasi, koordinasi, dan enkapsulasi serta mengkonstruk seluruh struktur mental yaitu aksi, proses, objek, dan skema. Sehingga dapat disimpulkan bahwa proses mekanisme mental siswa truth-seekers dalam penelitian ini tidak lengkap walaupun struktur mentalnya telah dikonstruk semua dalam pikirannya.