Pengaruh Media Call Cards dan Kartu Bergambar pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Call Cards dan kartu bergambar terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan desain pretest and posttest design. Pelaksanaan penelitian dilakukan di MTs Negeri 1 Jember pada semester gasal dikelas VII tahun ajaran 2021/2022. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data diperoleh dari tes dan observasi kemudian di analisis menggunakan software SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan media call Cards dan kartu jika ditinjau dari hasil uji Independent Sampel T-test pada hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis menunjukkan bahwa nilai sig. ≤ 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media Call Cards dan kartu bergambar terhadap hasil belajar dan keterampilan Berpikir kritis siswa SMP. Keberhasilan pada proses pembelajaran menggunakan media Call Cards dan kartu bergambar bukan hanya dari usaha guru, akan tetapi peran siswa yang memiliki semangat tinggi juga berpengaruh. Sikap siswa dalam penyelesaian masalah membantu keberhasilan penelitian ini.