Penggunaan Media Video Sparkol Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di SMP
Abstract
Pembelajaran IPA saat ini siswa diharuskan memiliki keterampilan abad21 yang berfokus pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah.
Pemecahan masalah tersebut mengarah pada kemampuan siswa dalam berpikir
kreatif. Namun Fakta menunjukkan bahwa tingkat kreativitas siswa Indonesia
masih tergolong rendah. Hal tersebut terlihat dari hasil belajar siswa dalam
menyelesaikan permasalahan pada soal dengan cara berpikir kreatif tergolong
masih kurang optimal. Ada beberapa faktor yang mampu membangun
kemampuan siswa dalam berpikir kreatif diantaranya metode ajar yang digunakan
guru dan media pembelajaran yang digunakan. Namun dilihat dari sisi
penggunaan media, fakta di sekolah menunjukkan masih ada pembelajaran yang
berorientasi dengan media ajar yang kurang interaktif, pembelajaran yang masih
berorientasi dengan media ajar kurang interaktif tersebut membuat kemampuan
berpikir siswa kurang berkembang. Oleh karena itu diperlukan penggunaan media
interaktif untuk dijadikan solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu
melalui penggunaan media interaktif berupa video sparkol untuk mengkonkretkan
materi abstrak yang dapat membantu siswa untuk mengasah pemikirannya dalam
berpikir.