Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Islamic Social Reporting (ISR) Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar pada Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) 2016-2019
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk menguji dan
menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan kinerja lingkungan
hidup terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) perusahaanperusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Subjek yang
digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di ISSI rentang
tahun 2016 hingga 2019 dengan objek penelitiannya adalah laporan tahunan
perusahaan tersebut. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah
perusahaan yang terdaftar di ISSI dengan metode pengumpulan sampel
menggunakan purposive sampling. Sampel yang terpilih berjumlah 39 perusahaan
yang kemudian dilakukan analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif, uji
asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil pengujian menunjukkan bahwa ukuran
perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan ISR, sedangkan profitabilitas dan
kinerja lingkungan hidup tidak berpengaruh terhadap pengungkapan ISR.