dc.contributor.advisor | | |
dc.contributor.advisor | | |
dc.contributor.author | ARIANDO, Bagus | |
dc.date.accessioned | 2022-05-17T07:10:31Z | |
dc.date.available | 2022-05-17T07:10:31Z | |
dc.date.issued | 2020-11-19 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106770 | |
dc.description | Validasi unggah file repositori_Arini
Finalisasi unggah file repositori tanggal 17 Mei 2022_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Perbankan adalah hal yang sangat penting dalam perekonomian di seluruh
negara. Di Indonesia sendiri, perbankan memiliki peranan yang sangat penting
karena Indonesia merupakan salah satu negara yang sedang berkembang, dimana
pembangunan sedang dilakukan disegala sektor. Perbankan dapat diartikan sebagai
badan usaha finansial yang memiliki fungsi untuk menghimpun dana dalam bentuk
simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat. Di Indonesia ada banyak jenis
perbankan yaitu Bank Sentral, Bank Umum, dan Bank Perkreditan Rakyat. Oleh
karena itu, untuk bertahan dalam kompetisi persaingan global, bank harus
mengoptimalkan usahanya baik melalui teknologi informasi. Cara yang dilakukan
oleh perbankan adalah dengan membangun dan mempertahankan citra mereknya
(Brand Image).Karena semakin baik penilaian nasabah maka akan semakin tinggi
juga kepuasannya. Pada suatu perusahaan jasa kepercayaan sangatlah penting
karena tanpa adanya kepercayaan, perusahaan sulit untuk membangun sebuah
hubungan dengan pelanggan. Dengan adanya kepercayaan merek, pelanggan akan
semakin percaya dan hal tersebut dapat membangun loyalitas konsumen. Kualitas
layanan pada suatu perusahaan adalah hal yang berpengaruh terhadap loyalitas
kepuasan konsumen. Kualitas layanan merupakan ukuran dari suatu penilaian
menyeluruh atas tingkat suatu pelayanan yang baik dan sesuai dengan harapan
pelanggan. Sehingga kepuasan konsumen didapat setelah kebutuhan, keinginan,
dan harapan mereka dapat terpenuhi.
Penelitian ini berjenis explanatory research. Penelitian ini menggunakan
data primer yang berupa hasil pengisian kuesioner oleh nasabah Bank Mandiri di
Jember. Data sekunder yang berasal dari jurnal dan artikel yang terkait dengan Bank
Mandiri. Penentuan sampel dengan teknik pengambilan sampel non-probability
sampling yaitu dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh 100 sampel.
Variabel dependen yang digunakan adalah Loyalitas. Variabel independent yang
digunakan adalah citra merek, kepercayaan merek, dan kualitas layanan. Sedangkan
variabel intervening yang digunakan adalah kepuasan.
Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis),
dengan hasil pengujian bahwa : 1) Citra merek berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan nasabah Bank Mandiri Jember; 2) Kepercayaan merek berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Mandiri Jember; 3) Kualitas layanan
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Mandiri Jember; 4) Citra
merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Mandiri Jember; 5)
Kepercayaan merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank
Mandiri Jember; 6) Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
nasabah Bank Mandiri Jember; 7) Kepuasan konsumen berpengaruh signifikan
terhadap loyalitas nasabah Bank Mandiri Jember. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dr. Imam Suroso, S.E., M.Si. (Dosen Pembimbing)
Drs. Ketut Indraningrat, M.Si. (Dosen Pembimbing) | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ekonomi dan Bisnis | en_US |
dc.subject | Citra Merek | en_US |
dc.subject | Kepercayaan Merek | en_US |
dc.subject | Kualitas Layanan | en_US |
dc.subject | Bank Mandiri | en_US |
dc.title | Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Nasabah Tabungan Bank Mandiri di Jember | en_US |
dc.title.alternative | The Effect of Brand Image Trust and Quality of Service Its Effect On Loyalty and Costumer Satisfaction as Intervening Variable in The Savings Costumer Bank Mandiri in Jember | en_US |
dc.type | Other | en_US |