ANALISIS DESKRIPTIF SIKAP DAN TINGKAT KEPUASAN NASABAH TERHADAP LAYANAN JASA BANK SYARIAH MANDIRI JEMBER
Abstract
Skripsi ini berjudul “Analisis Deskriptif Sikap dan Tingkat Kepuasan
Nasabah Terhadap Layanan Jasa Bank Syariah Mandiri Jember†. Tujuan dari
penulisan skripsi ini adalah sebagai berikut:Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui sikap nasabah terhadap layanan jasa Bank Syariah Mandiri Jember
serta untuk mengetahui kesesuaian antara tingkat kepentingan unsur-unsur
pelayanan menurut nasabah (apa yang menjadi harapan nasabah) dengan kinerja
yang telah dilakukan oleh Bank Syariah Mandiri Jember.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian survey dengan mengambil objek penelitian Bank Syariah Mandiri
Jember. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh melalui kuisioner
yang diberikan kepada nasabah Bank Syariah Mandiri Jember sebagai responden.
Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sample dengan tekhnik
purposive sampling.
Dari perhitungan sikap yang menggunakan pendekatan Fishbein model
diungkapkan bahwa nilai sikap total nasabah terhadap layanan jasa Bank Syariah
Mandiri Jember adalah 177.110. skor sikap total ini termasuk dalam kategori baik.
Begitu juga dengan hasil perhitungan tingkat kepuasan dalam prosentase yang
berada pada rentang 90.946 % sampai dengan 102.56 %. Hal ini menunjukkan
bahwa kesesuaian antara tingkat kepentingan unsur-unsur pelayanan menurut
nasabah dengan kinerja yang telah dilakukan oleh Bank Syariah Mandiri Jember
sudah cukup tinggi.