Show simple item record

dc.contributor.authorWULANDARI, Putri Rahayu
dc.date.accessioned2022-05-13T06:43:18Z
dc.date.available2022-05-13T06:43:18Z
dc.date.issued2022-05-13
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106739
dc.description.abstractKepala sekolah merupakan seorang pendidik yang telah diberikan kepercayaan dalam mengatur dan memimpin sebuah lembaga pendidikkan. Salah satu fungsi kepemimpinan kepala sekolah yaitu melakukan kegiatan supervisi akademik guna meningkatkan kinerja guru dalam mengoptimalkan sasaran akademik berupa penguasaan belajar mengajar. Sehubungan dengan hal itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru di PAUD Al-Barokah 1 Bondowoso. Sehingga dari penelitian ini dapat diketahui bagaimana peran kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi akademik terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observsai, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan hasil tindak lanjut dengan menggunakan teknik observasi kelas (classroom observation), pemberian kertas kosong (self evaluation cheklist), pertemuan individu, diskusi. Peran yang telah dilakukan oleh kepala sekolah yaitu menjadi koordinator, evaluator, konsultan, dan motivator.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKinerja Guru PAUDen_US
dc.subjectSupervisi Akademik Kepala Sekolaen_US
dc.titlePeran Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guruen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record