Show simple item record

dc.contributor.authorRISTALIA, Safrida Visma
dc.date.accessioned2022-05-12T06:09:11Z
dc.date.available2022-05-12T06:09:11Z
dc.date.issued2022-03-17
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106729
dc.description.abstractProses belajar mengajar merupakan bagian penting lembaga formal, karena keberhasilan proses belajar mengajar ditentukan oleh bagaimana proses pembelajaran itu berlangsung. Selain itu proses interaksi belajar, sangat bergantung pada guru dan siswanya. Guru dituntut untuk menciptakan suasana belajar yang lebih baik dan nyaman, sehingga siswa akan termotivasi dalam belajar dan hasil belajar akan meningkat. Pemilihan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan kurikulum dan potensi siswa merupakan kemampuan dan keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru. Hal ini didasarkan oleh asumsi bahwa ketepatan guru dalam memilih media pembelajaran akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penggunaan media video dalam pembelajaran jarang digunakan oleh guru yang terbiasa menggunakan model pembelajarn konvensional. Model pembelajaran konvensional ditemui pada observasi yang dilakukan di kelas V SDN Bakungan Banyuwangi. Model pembelajaran yang selama ini digunakan guru di kelas V pada tema 4 Sehat Itu Penting siswa kelas V pada 28 September 2021 di SDN Bakungan Banyuwangi dari 29 siswa, diperoleh skor klasikal hasil belajar siswa menghasilkan skor sebesar 58,27% dengan kategori cukup. Aktivitas siswa pada pada observasi yang dilakukan pada 29 siswa menghasilkan data bahwa siswa kelas V tergolong sangat aktif sebesar 10,34% dari total siswa, siswa yang tergolong cukup aktif 68,96% dan siswa yang tergolong kurang aktif dengan persentase 20,68% berdasarkan pada observasi yang telah dilajukan. Penelitian ini berjenis Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Penelitian dilaksanakan di SDN Bakungan Banyuwangi pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 dengan pembelajaran Tema 5 Ekosistem Subtema 2 Hubungan Antarmakhluk Hidup Dalam Ekosistem pembelajaran 1. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Bakungan Banyuwangi yang berjumlah 29 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui penggunaan media video diperoleh hasil observasi aktivitas belajar siswa secara klasikal pada kegiatan prasiklus sebesar 48,58% dengan kategori cukup aktif, pada siklus I sebesar 69,68% dengan kategori aktif, dan pada siklus II sebesar 79,82% dengan kayegori aktif. Persentase hasil belajar kognitif siswa secara klasikal pada kegiatan prasiklus sebesar 58,27% dengan kategori cukup aktif, pada siklus I sebesar 71,55% dengan kategori baik, dan pada siklus II sebesar 77,10% dengan kategori baik. Persentase hasil belajar ranah afektif siswa secara klasikal pada kegiatan prasiklus 55,48% dengan kategori cukup baik, pada siklus I sebesar 64,24% dengan kategori baik, dan pada siklus II sebesar 70,44% dengan kategori baik. Persentase hasil belajar ranah psikomotorik siswa secara klasikal pada kegiatan prasiklus 54,96% dengan kategori cukup baik, pada siklus I sebesar 63,20% dengan kategori baik, dan pada siklus II sebesar 70,17% dengan kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran melalui penggunaan media video dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Tema 5 Ekosistem Subtema 2 Hubungan Antarmakhluk Hidup Dalam Ekosistem pembelajaran 1. Adapun saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah bagi guru, diharapkan pembelajaran melalui penggunaan media video dapat menjadi alternatif solusi dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi sekolah, diharapkan hasil penelitian ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Bagi peneliti lain, pembelajaran melalui penggunaan media video merupakan pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan sehingga perlu digunakan pada saat pembelajaran.en_US
dc.description.sponsorshipAgustiningsih, S.Pd., M.Pd. Arik Aguk Wardoyo, S.Pd., M.Pfis.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectMedia Videoen_US
dc.subjectTindakan Siklusen_US
dc.subjectAktivitas Belajaren_US
dc.titlePeningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Tema 5 Ekosistem melalui Penggunaan Media Video pada Siswa Kelas V SDN Bakungan Banyuwangien_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record