Pengaruh Diskon dan Flash Sale terhadap Impulse Buying pada Marketplace Shopee
Abstract
Arus perkembangan teknologi dan informasi berkembang begitu cepat,
internet menjadi faktor vital dalam perkembangannnya. Informasi dari segala
bidang, seperti ekonomi, sosial, politik, teknologi, budaya, bahkan agama dapat
diakses dengan mudah di internet. Jaringan internet menjadi hal penting dalam
kehidupan sehari-hari. Kebanyakan aktivitas selalu dilakukan dengan bantuan
jaringan internet, termasuk kegiatan jual beli. Aktivitas jual beli yang dilakukan
secara online berkembang begitu cepat baik melalui media sosial maupun melalui
marketplace. Semakin banyaknya marketplace yang bermunculan, maka semakin
beragam pula strategi yang digunakan untuk mendongkrak pemasaran. Shopee
sebagai marketplace papan atas mampu mempertahankan eksistensinya dan
mendapat predikat “top of mind”, salah satunya karena implementasi strategi
pemasaran yang dilakukaan Shopee yaitu berbagai promo diskon dan flash sale
yang selalu mendapatkan banyak atensi dari para pengguna marketplace Shopee.
Diskon dan flash sale yang dilakukan marketplace merupakan salah satu faktor
yang mendorong seseorang untuk membeli barang tanpa memikirkan konsekuensi
dan kegunaannya (impulse buying) hal ini sesuai dengan hasil survei observasi pada
variabel impulse buying bahwa konsumen melakukan pembelian yang tidak
direncanakan (impulse buying) dan melakukan pembelian saat itu juga. Konsumen
mempunyai ketertarikan terhadap diskon dan flash sale Shopee, dan diikuti
perasaan ingin membeli suatu produk. Meskipun konsumen tertarik pada diskon
dan flash sale, namun konsumen tetap berhati-hati dalam memilih dan membeli
barang yang dapat menimbulkan risiko.