Analisis Mise en Scene pada Figur Maudy Ayunda dalam Iklan Lux Purpose
Abstract
Iklan adalah salah satu alat komunikasi massa yang memiliki banyak kelebihan. Berbagai kelebihan iklan antara lain, sebagai pemberi informasi terhadap suatu produk, menjangkau audien yang sangat luas, mengenalkan suatu produk, menciptakan pandangan mengenai suatu produk, menjelaskan suatu fenomena yang terjadi di masyarakat, dan memperkuat produk. Iklan Lux Purpose dipilih karena penulis melihat adanya informasi yang diciptakan dan ingin disampaikan oleh produsen lewat aspek-aspek visual yang terlihat pada iklan tersebut. Hal menarik yang terdapat dalam iklan ini adalah karena secara aspek visual yang dimiliki, iklan Lux Purpose ini memiliki kekuatan mise en scene seperti gestur pemainnya, penggunaan kostum dan riasan, setting, dan juga pencahayaan dalam menciptakan stereotip perempuan dalam iklannya. Aspek mise en scene menjadi menarik untuk dikaji sebagai pendukung dari terciptanya gambaran tentang stereotip terhadap citra perempuan Indonesia pada figur Maudy.
Pemilihan aspek mise en scene seperti pada penggunaan tata rias dan busana serta pergerakan pemainnya dimaksudkan karena menurut penulis, beberapa aspek yang dipilih tersebutlah yang paling menonjol dan nampak, dan paling mendukung terciptanya anggapan tersebut sehingga penulis lebih mudah mendapatkan data untuk analisisnya walaupun aspek lain seperti setting dan pencahayaan pun juga akan membantu mendukung dalam perolehan datanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara iklan Lux bekerja dalam menggambarkan stereotip terhadap citra perempuan Indonesia yang seperti apa melalui unsur-unsur pembentuk iklannya seperti gestur pemain, kostum dan tata rias, juga setting dan pencahayaan.