Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline dalam Pembelajaran Sejarah Kesenian Batik Labako dengan Menggunakan Model ADDIE Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran
Abstract
Pendidikan pada era digital sangat mengutamakan kemampuan siswa
dalam menanggkap informasi yang diterimanya dalam pendidikan formal maupun
informal.Penerapan Media Pembelajaran intreraktif membantu dalam
meningkatkan hasil belajar serta efekivitas dalam pembelajaran . Penelitian
terdahulu juga menyebutkan penggunaan media pembelajaran Interaktif seperti
Iarticulate Strotyline dapat meningkatkan daya tarik siswa serta dan hasil belajar
peserta didik pada mata pelajaran sejarah.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil validasi ahli
terhadap pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada mata pelajaran
Sejarah kelas X ?; (2) Bagaimanakah pengembangan Media Interaktif berbasis
Articulate Storline pada mata pelajaran Sejarah kelas X dapat meningkatkan
Efektivtas pembelajaran sejarah?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan
produk yang tervalidasi dari pengembangan Media Pembelajaran Interaktif
Articulate Storyline pada mata pelajaran Sejarah kelas X; (2).Untuk meningkatkan
efektivitas pembelajaran sejarah dari pengembangan Media Pembelajaran
Interaktif Articulate Storyline pada mata pelajaran Sejarah kelas
Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS 1 MAN 2
Jember dengan jumlah 37 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah
pengembangan. Desain penelitian menggunakan. Desain penelitian ADDIE yang
memiliki 5 tahapan yaitu Analiyze, Design, Development, Implementation,
Evaluate Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Teknik