Gambaran Perilaku Caring Perawat Menurut Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Teka- Teki Silang Kearifan Lokal Jember Untuk Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar
Abstract
Bahan ajar merupakan salah satu bagian penting dalam pembelajaran
selama ini. Banyak bahan ajar yang diperuntukkan bagi siswa masih bersifat
umum. Kebanyakan bahan ajar yang ada masih belum memuat keadaan
lingkungan sekitar siswa seperti kearifan lokal. Hasil wawancara dengan guru
SDN Kepatihan 03 Jember, bahan ajar yang digunakan selama pembelajaran tidak
memuat kearifan lokal, khususnya kearifan lokal Jember. Hasil wawancara
dengan beberapa siswa SDN Kepatihan 03 Jember, kurangnya pemahaman siswa
terhadap lingkungan sekitar terkait kearifan lokal, minimnya pengenalan kearifan
lokal kepada siswa dengan bantuan permainan. Oleh karena itu, perlu dilakukan
penelitian pengembangan bahan ajar bahasa Indonesia berbasis teka-teki silang
kearifan lokal Jember.
Berdasarkan beberapa masalah yang ditemukan, maka rumusan masalah
dalam penelitian ini yaitu bagaimana proses pengembangan dan hasil
pengembangan bahan ajar bahasa Indonesia berbasis teka-teki silang kearifan
lokal Jember untuk siswa kelas tinggi sekolah dasar. Berdasarkan rumusan
masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses
pengembangan dan menghasilkan suatu produk pengembangan berupa bahan ajar
bahasa Indonesia dengan teka-teki silang kearifan lokal Jember untuk kelas tinggi
sekolah dasar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan
model pendekatan Design Based Research (DBR) yang mengadopsi dari 6 model
fase oleh Peffer dkk. dalam Permata dkk, (2016) dengan sedikit penyesuaian
sesuai konteks yang dibutuhkan. Penelitian dilakukan di SDN Kepatihan 01
Jember dan SDN Gebang 04 Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan tes
hasil belajar dan wawancara. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar
hasil validasi dan angket respon siswa.