Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di TK Plus Al-Hujjah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021
Abstract
Permainan puzzle dalam merupakan salah satu alat permainan edukatif
yang paling banyak dijumpai di lembaga PAUD dan sangat disukai anak-anak.
Dalam permainan ini dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak berupa
memahami posisi/kedudukan, memecahkan masalah, berpikir simbolik, dan
mengenal lambang bilangan.
Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan salah satu bentuk
penyelenggaraan pendidikan yang berfokus pada kemampuan dan kemampuan
kecerdasan, bahasa, dan mengingat, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap
kemampuan yang dilalui oleh anak usia dini, salah satu aspek yang perlu
dikembangkan dalam pendidikan anak usia dini adalah aspek kemampuan kognitif
anak. Salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan aspek kognitif anak yaitu
dengan permainan puzzle. Permainan puzzle yang digunakan pada penelitian ini
merupakan permainan puzzle jam yang belum digunakan oleh guru di TK Plus AlHujjah ini. Pada puzzle jam ini terdapat gambar dan warna yang menarik sehingga
membuat anak bersemangat untuk bermain.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Adakah Pengaruh Permainan
Puzzle Terhadap Kemampuan Kognitif pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Plus AlHujjah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021?.
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui ada tidaknya
pengaruh permainan puzzle terhadap kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di
TK Plus Al-Hujjah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran
2020/2021.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Subjek
penelitian adalah bermaian puzzle yang di berikan pada anak usia 4-5 tahun di TK
Plus Al-Hujjah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran
2020/2021. Waktu pelaksanaan selama 2 minggu. Informan pendukung anak, guru
kelas, dokumen, literatul yang relevan. Teknis analisis data yang digunakan
melalui 2 tahap yaitu Uji T dan Uji Validasi.
Hasil penelitian yang telah dilakukan dalam bermain puzzle untuk
kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Plus Al-Hujjah Kecamatan
Sumbersari Kabupaten Jember berpengaruh, dapat dilihat pada saat observasi
ada beberapa anak yang belum mampu meletekkan barang pada tempat masingmasing yang telah diberi nama dan foto setelah diberi treatment dengan bermain
puzzle sehingga anak mampu mengingat dan memahami posisi/kedudukan
dengan meletakkan barang pada loker masing-masing yang terdapat nama dan
foto setiap anak.
Penelitian yang telah dilakukan di TK Plus Al-Hujjah Kecamatan
Sumbersari Kabupaten Jember, memberikan hasil, bahwa permainan puzzle dapat
mengembangkan aspek kognitif anak, sehingga hasil penelitian menunjukkan
bahwa permainan puzzle memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan
kognitif anak.
Perubahan nilai kemampuan kognitif anak lebih mengalami perubahan
kemampuan yang signifikan daripada kelompok kontrol, apabila dibandingkan
dengan taraf signifikan 0.05 maka 0,127 > 0.05 dan 0,143 > 0.05 sehingga data
tersebut dapat dikatakan berdistribusi normal. Selain itu dari hasil uji statistik
independent sample test menggunakan program SPSS versi 21.0 diperoleh bahwa
nilai thitung > ttabel (0,483 > 0,480), dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
permainan puzzle terhadap kemapuan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Plus AlHujjah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021.
Saran untuk guru yaitu permainan puzzle sangat efektif untuk diterapkan dalam
kegiatan bermain anak di dalam kelas karena di dalam permainan ini terdapat
aspek-aspek keterampilan kognitif anak yang terstimulus dan dapat digunakan
bahan pertimbangan dalam menyusun RPPH untuk mengembangkan aspek
kemampuan anak khususnya dalam mengembangkan aspek kemampuan kognitif
anak.