• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penggunaan EDP (Engineering Design Process) pada Pembelajaran Blended Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP

    Thumbnail
    View/Open
    DyahastiInd_180210104021 repo.pdf (8.621Mb)
    Date
    2022-04-05
    Author
    INDRAWARI, Dyahasti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterampilan berpikir kritis siswa merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa pada pembelajaran IPA, karena berkaitan dengan lingkungan sekitar dan kehidupan sehari-hari. Engineering Design Process (EDP) merupakan slah satu ciri dari pembelajaran STEM yang dapat melatih proses berpikir kritis siswa seperti yang dilakukan oleh seorang insinyur. EDP mengintegrasikan antara sains, matematika, dan teknologi. Pembelajaran Blended Learning merupakan pembelajaran yang menggabungkan antara pembelajaran konvensional dan menggunakan sistem digital. Artikel penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan EDP dan mengkaji pengaruh EDP pada pembelajaran blended learning terhadap keterampilan berpikir kritis IPA siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan nonequivalent pretest-posttest group design, sehingga data yang diperlukan berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji N-Gain untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa, uji normalitas untuk mengetahui sampel dan teknik uji Independent Sample T-test untuk uji hipotesis. Penelitian penggunaan EDP pada pembelajaran blended learning tidak berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Akan tetapi, hasil perolehan nilai N-Gain setiap indikator menghasilkan kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106643
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15444]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository