Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash terhadap Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA
Abstract
Pendidikan yaitu upaya terencana guna menciptakan suasana serta kegiatan belajar peserta didik sehingga menjadi giat dalam membangun kemampuan diri untuk membangkitkan spriritual, pengendali diri, kecerdasan, dan keterampilan yang di diperlukan dirinya. Fisika adalah ilmu yang memberikan pemahaman tentang segala karakteristik dan kejadian yang ada alam yang disertai banyaknya hubungan yang ada didalam, seperti gerak, lingkup ruang dan waktu, serta masih banyak lagi. Mengingat pentingnya mempelajari fisika, maka adanya terobosan terbaru proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dengan bantuan media agar dapat meningkatkan hasil dan minat belajar siswa. Maka media berbantuan animasi Macromedia Flash sangat mendukung digunakan saat ini karena siswa lebih suka belajar menggunakan animasi.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash terhadap hasil belajar fisika siswa SMA serta untuk mendeskripsikan minat belajar fisika siswa SMA setelah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash. Penelitian ini dilakukan di SMAN Arjasa, Kabupaten Jember. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas X di SMAN Arjasa dengan menggunakan 2 sampel dari kelas populasi dengan uji homogenitas. Setelah uji homogenitas didapatkan kelas sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data penelitian berupa observasi, tes, angket, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan
teknis analisis data hasil belajar menggunakan uji Non Parametrics Mann- Whitney U Test.
Pada uji pengaruh hasil belajar siswa dengan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash diperoleh hasil uji normalitas nilai posttest siswa bahwa nilai Sig. (2-tailed kelas eksperimen 0,000 dan kelas kontrol 0,000. Hal tersebut berarti nilai hasil belajar fisika siswa pada kedua kelas tidak terdistribusi secara normal. Sehingga dilakukan uji Non Parametrics Mann- Whitney U Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0.017. Nilai Sig. < 0,05 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Data yang diperoleh berdasarkan angket minat belajar siswa terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash yang terdiri dari empat indikator yaitu Perasaan senang, Ketertarikan, Perhatian, dan Keterlibatan. Maka diperoleh skor rata – rata sebesar 79%, interval tersebut termasuk dalam kategori baik.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat diperoleh kesimpulan, yaitu Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash terhadap hasil belajar fisika siswa SMA Negeri Arjasa, Kabupaten Jember. Serta Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash dikategorikan baik. Dengan nilai rata-rata sebesar 79% diperoleh dari minat belajar fisika siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash.