ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN KOPERASI KARYAWAN PTPN. XII †AROMA†JEMBER
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap
Kepuasan Konsumen Koperasi Karyawan PTPN. XII “AROMA†Jember†. Tujuan
yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran
pemasaran terhadap kepuasan konsumen.
Penelitian ini dilakukan pada koperasi Karyawan PTPN. XII “AROMAâ€
Jember†. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner 70
responden sebagai sampelnya. Pengumpulan sampel menurut purposive sampling,
yaitu teknik pengambilan sampel dengan berdasarkan karakteristik minimal 2 kali
berbelanja serta responden minimal berusia 17 tahun. Jumlah item pertanyaan
penelitian sebanyak 23 pertanyaan, skala pengukuran penelitian ini adalah skala
likert. Metode penelitian yang digunakan yaitu Regresi Linier Berganda, untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen
baik secara simultan ataupun parsial. Jumlah variabel bauran pemasaran yang
digunakan adalah 7P, produk (product), harga (price), tempat (place), promosi
(promotion), proses (process), orang (person) dan bukti fisik (physical evidence).
Penelitian ini menguji hipotesis yang menyatakan ada pengaruh bauran pemasaran
terhadap kepuasan konsumen Koperasi Karyawan PTPN. XII “AROMA†Jember.
Hasil penelitian membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan signifikan.
Hipotesis dapat dilihat dengan nilai Fhitung sebesar 10,345 > Ftabel sebesar 2,161.,
artinya secara simultan bauran pemasaran berpengaruh nyata terhadap kepuasan
konsumen Koperasi Karyawan PTPN. XII “AROMA†Jember.
Berdasarkan perhitungan uji t diperoleh t hitung produk (X1) sebesar 2,292 > t
tabel (1,999) maka produk (product) berpengaruh secara parsial kepada kepuasan
konsumen. Untuk harga (X2) t hitung sebesar 3,861 > t tabel (1,999) maka harga (price)
berpengaruh secara parsial kepada kepuasan konsumen. Untuk tempat (X3) t hitung
sebesar 2,075 > t tabel (1,999) maka tempat (place) berpengaruh secara parsial kepada
kepuasan konsumen. Untuk promosi (X4) t hitung 2,961 sebesar > t tabel (1,999) maka
promosi (promotion) berpengaruh secara parsial kepada kepuasan konsumen. Untuk
proses (X5) t hitung sebesar 2,156 > t tabel (1,999) maka proses (process) berpengaruh
secara parsial kepada kepuasan konsumen. Untuk orang (X6) t hitung sebesar 2,684 > t
tabel (1,999) maka orang (person) berpengaruh secara parsial kepada kepuasan
konsumen. Untuk bukti fisik (X7) t hitung sebesar 2,087 > t tabel (1,999) maka bukti
fisik (physical evidence) berpengaruh secara parsial kepada kepuasan konsumen.
Berdasarkan nilai beta, variabel harga yang paling besar pengaruh terhadap karena
nilai beta paling besar yaitu 0,196.